RI - Azerbaijan Resmikan Kerjasama di Sektor Migas

| Selasa, 07/06/2022 10:05 WIB
RI - Azerbaijan Resmikan Kerjasama di Sektor Migas Kilang Minyak (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia dan Azerbaijan sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang energi, termasuk minyak dan gas bumi.

Kerjasama ini diwujudkan melalui pertemuan BUMN migas kedua negara yaitu Pertamina Hulu Energi (PHE) dan SOCAR.

"Kami mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Energi Azerbaijan dan jajarannya untuk bekerjasama sebagai tindak lanjut MoU yang sudah ditandatangani Menteri Energi Azerbaijan dan Indonesia," jelas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji di Azerbaijan, usai menghadiri Baku Energi Week, Azerbaijan, tanggal 1-3 Juni 2022.

Pemerintah Indonesia berharap kerja sama ini dapat dikonkritkan, mengingat Azerbaijan merupakan negara strategis dengan potensi migas besar dan kemampuan mengembangkan energi terbarukan yang kuat sehingga menjadi tumpuan negara-negara di sekitarnya dan bahkan juga untuk negara-negara di Eropa.

Indonesia dan Azerbaijan telah melaksanakan The 1st Indonesia-Azerbaijan Energy Forum pada 1 Februari 2016 di Baku, Azerbaijan.

Pertemuan menyepakati peningkatan kerjasama bidang migas, ketenagalistrikan, EBT, capacity building, serta mendorong Pertamina dan SOCAR untuk menandatangani MoU kerja sama B to B.

Pada tahun 2019, Pertamina dan SOCAR telah menandatangani MoU B to B dan melakukan video conference yang digelar BPPK Kemlu. Selanjutnya pada tahun 2022 ini, kedua negara rencananya akan menyelenggarakan Working Group of Oil and Gas yang waktunya akan ditentukan kemudian.

Tags : Azerbaijan , Migas

Berita Terkait