Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Didorong Manfaatkan IPO

| Selasa, 26/07/2022 12:02 WIB
Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Didorong Manfaatkan IPO Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM – Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Rispiaga mendorong insan pelaku UMKM khususnya sektor parekraf untuk dapat masuk ke pasar modal melalui skema Initial Public Offering (IPO).

“Pemerintah mengharapkan dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan apabila perusahaan sudah Go Public dan munculnya pelaku usaha baru yang berani mengembangkan usahanya sampai ke lantai bursa saham,” kata Rispiaga dalam KreatIPO Coaching Clinic" berlangsung di Nara Park Bandung, Senin 25 Juli 2022.

Hal senada juga diungkapkan Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekeraf, Hanifah Makarim, bahwa IPO menjadi salah satu alternatif pembiayaan untuk pelaku usaha khususnya UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Skema IPO merupakan proses sebuah perusahaan menawarkan sahamnya agar dapat dibeli masyarakat umum melalui bursa efek untuk pertama kalinya,” jelas Hanifah.

Dengan semakin meluasnya potensi pelaku UMKM dalam memanfaatkan bursa saham, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas usaha mereka sehingga dapat mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja. Sehingga target untuk menghadirkan 1,1 juta lapangan kerja berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta di tahun 2024 dapat terwujud. 

Tags : IPO , Ekonomi Kreatif