China Tambah Impor CPO 1 Juta Ton dari Indonesia

| Jum'at, 29/07/2022 13:36 WIB
China Tambah Impor CPO 1 Juta Ton dari Indonesia Sektor Perkebunan Kelapa Sawit (Doc: Indonesia)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah China menyampaikan komitmen untuk menambah impor Crude Palm Oil (CPO) dari Indonesia sebesar 1 juta ton.

Demikian diungkapkan oleg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pasca pertemuan bilateral kedua negara di Beijing minggu ini.

“Terima kasih atas dukungan Presiden Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang atas komitmen impor minyak sawit dari Indonesia. Kami berharap Tiongkok dapat terus melanjutkan dan meningkatkan perdagangan minyak sawit dari Indonesia,” ucap Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jumat 29 Juli 2022.

Luhut mengatakan kelapa sawit merupakan tanaman minyak yang paling produktif, dan juga menjadi komoditas penting bagi perdagangan dunia. Karena itu, Indonesia berkomitmen untuk berperan sebagai supplier utama untuk bahan pangan penting ini.

“Dengan menjadi supplier utama CPO dunia, tentu akan membantu meningkatkan perekonomian Indonesia, serta meningkatkan kesejahteraan para petani kelapa sawit di Indonesia yang jumlahnya mencapai 16 juta,” lanjutnya.

Sebagai informasi, perdagangan antara Indonesia dan RRT terus meningkat dan sudah melampaui USD100 miliar. Sehingga peluang untuk meningkatkan angka perdagangan sangat besar.

“Karena itu kami sebagai pembantu Presiden akan terus mencari potensi sumber ekonomi lain yang bisa meningkatkan perekonomian Indonesia,” pungkas Menko Luhut.

Tags : Impor CPO , China , Sawit

Berita Terkait