Menhub Tegaskan Tiket Pesawat Murah Bisa Diterapkan Meski Ada Wacana Kenaikan BBM

| Senin, 29/08/2022 19:30 WIB
Menhub Tegaskan Tiket Pesawat Murah Bisa Diterapkan Meski Ada Wacana Kenaikan BBM Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa harga avtur akan tetap sehingga maskapai tetap bisa menjual tiket pesawat secara murah meskipun ada wacana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Ini bagian dari balancing (keseimbangan) adanya kenaikan BBM satu sisi, satu sisi BBM naik, Insya Allah avtur akan tetap, dan tarif murah itu bisa dilakukan," kata Menhub Budi seperti dilansir dari antaranews, Senin, 29 Agustus 2022.

Sebagaimana disampaikannya, tiket murah pesawat tetap dapat diberlakukan karena berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah, baik di pusat maupun daerah serta maskapai penerbangan. Perusahaan penerbangan, jelas Budi, telah diimbau untuk berinovasi dan meningkatkan efisiensi serta kampanye promosi tiket pesawat.

"Dan ini sudah dibuktikan oleh beberapa maskapai sudah memberikan tarif murah dari waktu-waktu tertentu kepada masyarakat," ujarnya.

Pemerintah daerah, kata Budi, juga telah memberikan jaminan keterisian pesawat kepada maskapai agar tingkat okupansi bisa melebihi 60 persen. Jaminan okupansi itu, ujarnya, sudah diterapkan di beberapa daerah dan menunjukkan keberhasilan.

"Jadi komitmen dari pemerintah daerah untuk memasarkan, membeli dan mengkomunikasikan tentang penerbangan ke daerah. Yang sukses beberapa ada daerah di Sumatera Selatan, Kalimatan Barat, itu berhasil. Jadi pemerintah terus serta mensubsidi tapi (jika) di tengah-tengah mereka okupansinya naik menjadi 70 persen, konstan, subsidinya dilepas," tandasnya.

Tags : Menteri Perhubungan , Tiket Pesawat , Inflasi , Avtur , Pemda