Hingga Juni, 19,5 Juta UMKM telah Terdigitalisasi

| Kamis, 06/10/2022 12:32 WIB
Hingga Juni, 19,5 Juta UMKM telah Terdigitalisasi Pengusaha UMKM (Doc: Pagar)

RADARBANGSA.COM - Per Juni 2022, sebanyak 19,5 juta UMKM telah masuk ke dalam ekosistem digital. Angka tersebut mendekati target pemerintah sebanyak 50 juta UMKM yang terdigitalisasi.

“Digitalisasi memainkan peran penting dalam inklusi keuangan. Digitalisasi merupakan komponen kunci bagi kami untuk mencapai target, yaitu terkait akses pembiayaan, pembayaran, pembukuan, serta pemasaran digital telah diperkenalkan kepada UMKM,”ungkap Menkeu dalam kegiatan Simposium Tingkat Tinggi G20 GPFI, Kamis 6 Oktober 2022.

Selain itu, digitalisasi juga memiliki peran yang lebih dalam untuk turut meningkatkan kapasitas usaha UMKM, baik dari sisi perizinan, akses jaringan, promosi, serta akses pasar untuk menciptakan UMKM yang unggul. 

Terakhir, Menkeu berharap digitalisasi dapat menyediakan Big Data untuk kemudian menjadi bahan analisis oleh para pelaku UMKM untuk mengembangkan produk dan layanannya.

“Analisis tersebut untuk mengetahui perilaku konsumen pasti akan sangat penting, selain itu juga dapat memberikan Inovasi yang kemudian dapat meningkatkan jaungkauan dan hasil,” tutup Menkeu.

Tags : UMKM , Digitalisasi UMKM