Wapres Sebut Pemerintah Sudah Siapkan Strategi Antisipasi Krisis Pangan Dunia

| Senin, 31/10/2022 21:01 WIB
Wapres Sebut Pemerintah Sudah Siapkan Strategi Antisipasi Krisis Pangan Dunia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengklaim pemerintah telah memiliki strategi dalam menghadapi krisis pangan yang mengancam dunia. Apalagi, kata Kiai Maruf, ada perayaan hari besar seperti perayaan Natal dan Tahun Baru di akhir tahun sehingga berpotensi meningkatkan konsumsi masyarakat.

Hal tersebut, terang Wapres, dapat memicu kelangkaan barang yang akhirnya terjadi kenaikan harga barang-barang pokok. Meskipun, lanjutnya, kenaikan harga barang pokok yang juga terjadi beberapa waktu lalu juga diakibatkan adanya pengaruh krisis global.

"Memang ini pengaruh global, krisis global semua dunia ini terpengaruh harga, makanya terjadi kenaikan-kenaikan harga ya karena krisis pangan, ada krisis. Tapi kita Indonesia memang pada kemarin-kemarin ada terjadi (kenaikan),” kata Kiai Maruf dilansir dari laman Wapres RI, Senin, 31 Oktober 2022.

Oleh karena itu, Wapres menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan strategi, yakni menginstruksikan pada Kepala Daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga dengan menyiapkan ketahanan pangan. "Kita, pemerintah sudah menyiapkan strategi, bahwa daerah-daerah itu, itu sudah siap mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga. Daerah-daerah harus siap menyiapkan, Gubernur-gubernur semua menyiapkan ketahanan pangan, kebutuhan," tukasnya.

Wapres mengatakan jika pada satu daerah terjadi kelangkaan komoditas, maka harus didatangkan segera dari daerah lain untuk menjaga stabilitas harga barang pokok. "Andaikata ada komoditi yang tidak ada di daerahnya dia harus membeli dari daerah lain supaya harganya stabil dan ongkosnya ditanggung pemerintah daerah sehingga harganya tidak naik. Nah ini di dalam rangka (stabilkan harga)," tuturnya.

Kiai Maruf juga mengingatkan agar jangan ada kelompok-kelompok spekulan yang memanfaatkan situasi kelangkaan barang pokok untuk menaikkan harga bahan pokok. "Kita juga memberi peringatan jangan sampai ada kelompok tertentu, orang-orang yang memanfaatkan situasi di saat kita justru sedang mengendalikan, jangan ada kelompok spekulan-spekulan yang kemudian menaikkan harga, ini terus akan diawasi oleh pemerintah,” tegasnya.

Tags : Wapres RI , Krisis Global , Pangan , Indonesia