Cadangan Devisa Turun Jadi USD130,2 Miliar

| Senin, 07/11/2022 11:39 WIB
Cadangan Devisa Turun Jadi USD130,2 Miliar Bank Indonesia. (Foto: inewsid)

RADARBANGSACOM - Cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2022 tetap tinggi sebesar USD130,2 miliar. Jumlah ini sedikit menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2022 sebesar USD130,8 miliar.

Direktur Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menjelaskan bahwa penurunan posisi cadangan devisa itu dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah. Selain itu adanya kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sejalan dengan meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global. 

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 5,8 bulan impor atau 5,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," tulis Junanto dalam siaran persnya, Senin 7 November 2022.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Ke depan, meyakini cadangan devisa tetap memadai. Hal itu didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga dengan baik.

"Ini seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," tukasnya. 

Tags : Cadangan Devisa , BI

Berita Terkait