Badan Pangan Kejar Target Stok 1,2 Juta Ton Beras Akhir Tahun

| Rabu, 16/11/2022 21:01 WIB
Badan Pangan Kejar Target Stok 1,2 Juta Ton Beras Akhir Tahun Beras di Gudang Bulog. (Foto: ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - National Food Agency/Badan Pangan Nasional mengupayakan kecukupan stok beras nasional hingga mencapai 1,2 juta ton di akhir tahun 2022. Hal ini dilakukan agar stok beras tercukupi dan harga beras bisa lebih terkendali di sisa tahun. 

“Kita terus mendorong peningkatan stok beras BULOG sampai dengan 1,2 juta ton di akhir tahun ini. Hal ini penting untuk menjaga ketahanan pangan kita serta memastikan pemerintah memiliki cadangan yang cukup untuk melakukan intervensi pasar, sehingga harga beras dapat terkendali sepanjang tahun,” Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi dalam keterangan tertulisnya Selasa 16 November 2022. 

Untuk memenuhi target peningkatan stok 1,2 juta tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah, diantaranya mengoptimalkan penyerapan dan pengadaan beras dalam negeri. Ia mengaku, BULOG telah menjalin kesepakatan dengan provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur tentang Pengadaan Beras yang ditandatangani Pimpinan Wilayah Bulog bersama perwakilan berbagai instansi terkait seperti perwakilan Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Urusan Pangan setempat, Unsur TNI, dan Satgas Pangan.

Melalui kesepakatan tersebut, akan dilakukan pengadaan beras sebanyak 247 ribu ton, dengan rincian 58 ribu ton dari wilayah Jawa Barat, 147 ribu ton dari Jawa Tengah, 12 ribu ton dari DI Yogyakarta, dan 30 ribu ton dari Jawa Timur.

“NFA sendiri menargetkan pengadaan gabah/beras dalam negeri untuk cadangan beras pemerintah dapat mencapai 850 ribu ton, jumlah tersebut berasal dari 16 provinsi penghasi beras di Indonesia,” ujarnya.

Untuk mencapai target tersebut, Arief mengatakan, diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai stakeholder pangan, seperti kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, pelaku usaha penggilingan, serta koperasi dan kelompok tani. Hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang mengatakan, bahwa agar seluruh stakeholder pangan berkolaborasi untuk meningkatkan dan mengoptimalkan produksi pangan dalam negeri.

Tags : stok beras , NFA , Badan Pangan

Berita Terkait