Menhub Budi Sebut Pemulihan Sektor Transportasi Mendorong Pemulihan Pariwisata

| Kamis, 17/11/2022 22:32 WIB
Menhub Budi Sebut Pemulihan Sektor Transportasi Mendorong Pemulihan Pariwisata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa upaya pemulihan di sektor transportasi turut mendorong pemulihan sektor pariwisata di Indonesia.

"Upaya ini menjadi titik balik kebangkitan industri transportasi, karena semakin meningkatkan keterisian penumpang," kata Menhub pada Forum Pariwisata Global atau Global Tourism Forum Annual Meeting 2022 di Bali, Kamis, 17 November 2022.

Menhub mengungkapkan, sejumlah upaya yang dilakukan, di antaranya mengeluarkan beberapa surat edaran terkait persyaratan perjalanan transportasi yang lebih mudah namun tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan. Selain itu, Kemenhub bersama operator transportasi juga terus mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meminimalkan penyebaran virus seperti digitalisasi layanan di bandara dan penggunaan HEPA filter yang mampu menjaga kebersihan udara di dalam sarana transportasi publik.

Dalam forum tersebut Menhub mengungkapkan, upaya pemulihan sudah mulai terlihat hasilnya. Salah satu indikatornya yaitu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), transportasi dan pergudangan pada kuartal III tahun 2022 tumbuh paling besar yaitu 25,8 persen (year on year).

Hal ini menunjukkan tren yang terus meningkat sejak awal 2022, dan berkontribusi penting pada pertumbuhan perekonomian Indonesia yang meningkat 5,72 persen year on year di kuartal III 2022. Namun demikian, Menhub tetap mengingatkan seluruh pihak untuk terus berupaya menjaga momentum tren pertumbuhan, serta tetap waspada terhadap kondisi ketidakpastian global, seperti pandemi lanjutan, perubahan iklim, dan ketegangan perang global di masa depan.

Lebih lanjut, Menhub juga mengungkapkan upaya membangun masa depan transportasi publik di Indonesia pascapandemi. "Pandemi COVID-19 telah mengajari kita bahwa kita harus berpikir jauh ke depan. Ke depan, Indonesia membutuhkan perbaikan konektivitas jaringan, keselamatan transportasi, transportasi yang ramah lingkungan, dan integrasi antarmoda," ujarnya.

Tags : Menhub RI , Transportasi , COVID-19 , Pariwisata , Indonesia