Dukung UMKM, Pertamina Gelar SMEXPO di FX Sudirman

| Senin, 28/11/2022 22:33 WIB
Dukung UMKM, Pertamina Gelar SMEXPO di FX Sudirman Gedung Pertamina Jakarta (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM – Pertamina kembali menginisiasi Pertamina SMEXPO 2022 secara hybrid di di mall FX Sudirman, Jakarta mulai 29 November – 4 Desember 2022.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, Pameran UMKM terbesar di akhir tahun ini akan menghadirkan 555 UMKM pilihan secara online dari target 1.000 UMKM dari seluruh Indonesia.

“Indonesia memiliki perbedaan dengan negara lain, karena memiliki UMKM yang memberikan kontribusi sekitar 60% terhadap perekonomian nasional dan 97% terhadap penyerapan tenaga kerja,” kata Nicke Widyawati.

Nicke menyampaikan bahwa Pertamina tidak hanya melakukan distribusi BBM saja melainkan juga menjadi motor penggerak pertumbuhan UMKM dan industri dalam negeri dengan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di Pertamina yang cukup besar.

“Kita harus mengembangkan UMKM. Dalam kesempatan ini saya sangat apresiasi UMKM yang tahun lalu di dalam SMEXPO ada 220 UMKM dan tahun ini meningkat jumlahnya menjadi 555 UMKM,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Pertamina SMEXPO merupakan bagian dari upaya pembinaan Pertamina kepada UMKM binaan yang sejak tahun 1993 sampai saat ini telah tercatat lebih dari 66 ribu UMKM , yang berarti telah memberikan dampak manfaat ekonomi bagi lebih dari 1 juta kapita.

Tags : UMKM , Pertamina

Berita Terkait