Covid-19 di China Picu Penurunan Harga Minyak Mentah

| Kamis, 05/01/2023 14:42 WIB
Covid-19 di China Picu Penurunan Harga Minyak Mentah Kilang Minyak (Foto: Wajibbaca)

RADARBANGSA.COM - Harga minyak turun lebih dari empat dolar AS per barel pada perdagangan Kamis Siang Menjelang Sore. Peningkatan Covid-19 di China memicu kekhawatiran Pasar akan berkurangnya mobilisasi, dimana permintaah akan bahan bakar secara otomatis akan menurun. 

Mengutip data Trading Economics, Brent mencatat penurunan terbesar dalam dua hari mencapai 5 persen  menjadi 78.61 dolar AS per barel. Sementara Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) tergelincir 5 persen dalam dua hari menjadi menetap di 73,84 dolar AS per barel.

"Minyak mentah diperdagangkan lebih rendah di tengah kekhawatiran seputar COVID-19 China dan The Fed memaksa resesi global," kata Bob Yawger, Direktur Energi Berjangka di Mizuho di New York dikutip Reuters 5 Januari 2023.

Keadaan ekonomi global dan kenaikan suku bunga bank-bank sentral juga membebani harga minyak mentah.

Manufaktur AS mengalami kontraksi lebih lanjut pada Desember, turun untuk bulan kedua berturut-turut menjadi 48,4 dari 49,0 pada November, angka terlemah sejak Mei 2020, kata Institute for Supply Management (ISM).

Eksportir minyak utama Arab Saudi dapat memangkas harga minyak mentah kelas Arab Light unggulannya ke Asia pada Februari, setelah ditetapkan pada level terendah 10 bulan untuk bulan ini, karena kekhawatiran tentang kelebihan pasokan terus membayangi pasar.

 

Tags : minyak , covid

Berita Terkait