Konsumsi Sangat Tinggi, Pemerintah Turunkan Target Konsumsi Beras

| Rabu, 25/01/2023 15:53 WIB
Konsumsi Sangat Tinggi, Pemerintah Turunkan Target Konsumsi Beras Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

RADARBANGSA.COM - Hingga saat ini, beras masih menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah dalam hal ini mengambil langkah untuk menurunkan konsums beras menjadi 85 kg per kapita per tahun dari 92 kg per kapita pada 2020. 

Tak hanya itu, pemerintah juga akan mendorong diversifikasi pangan.

"Perlu digiatkan program diversifikasi pangan lokal secara masif. Masyarakat Indonesia saat ini masih tergantung pada beras sebagai sumber makanan pokok," ujar Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian Tahun 2023, dalam keterangan tertulis, Rabu 25 Januari 2023.

Dia secara khusus meminta kepada Kementerian Pertanian untuk menggalakkan tanaman substitusi pangan. Substitusi pangan ini meliputi seperti ubi kayu, sorgum, dan sagu untuk substitusi gandum. 

Tak hanya itu diperlukan juga partisipasi investor dan pihak swasta untuk mendorong diversifikasi pangan. Diantaranya melalui regulasi dan insentif pemerintah sebagai daya tarik.

“Regulasi dan insentif pemerintah juga perlu dimanfaatkan untuk menarik partisipasi investor, swasta, di dalam program diversifikasi pangan, serta mendorong produksi pangan lokal maupun pengembangan produk turunannya,” tandas Wapres.

 

Tags : beras , diversifikasi pangan