PBB Soroti Kenaikan Harga Beras Dunia

| Selasa, 31/01/2023 12:01 WIB
PBB Soroti Kenaikan Harga Beras Dunia Ilustrasi beras

RADARBANGSA.COM - Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menyoroti kenaikan harga beras sebagai risiko yang perlu diwaspadai yang bisa berdampak pada ketahanan pangan.

Thailand, eksportir beras beras terbesar kedua, mendapat permintaan kuat dari Irak dan Indonesia, kata Chookiat Ophaswongse, presiden kehormatan Asosiasi Eksportir Beras Thailand. 

“Irak rajin membeli beras kami setiap bulan,” imbuhnya, seperti dikutip Bloomberg Selasa 31 Januari 2023. Negara Timur Tengah itu adalah pembeli tunggal terbesar tahun lalu.

Namun karena harga beras Thailand semakin mahal, pesanan baru mulai melambat. Pembeli di China dan Malaysia beralih ke opsi yang lebih murah, dan harga kemungkinan mulai menurun sekitar bulan Maret ketika produksi beras baru memasuki pasar.

Beberapa importir membeli lebih banyak padi untuk menggantikan gandum setelah perang di Ukraina mengganggu pasokan.

Beras adalah makanan pokok bagi separuh warga dunia. Meskipun harga gandum melonjak ke rekor tertinggi pada Maret tahun lalu, harga beras relatif lemah di sebagian besar tahun 2022, sehingga membatasi inflasi makanan di Asia.

Beras yang lebih mahal akan menjadi berita yang tidak diinginkan bagi miliaran orang di China, India,  hingga Indonesia dan Vietnam.

Tags : Beras , harga beras