Jelang Musim Panen, Bulog Tak Khawatir pada Stok Beras

| Jum'at, 03/02/2023 17:01 WIB
Jelang Musim Panen, Bulog Tak Khawatir pada Stok Beras Budi Waseso (Direktur Utama Bulog). (Foto: Perum Bulog)

RADARBANGSA.COM - BULOG mengaku tidak khawatir terhadap stok beras, terlebih sebentara lagi akan memasuki musim panen.

 “Kami tidak khawatir terkait ketersediaan stok karena sebentar lagi kita akan memasuki panen raya, jadi dihabiskan pun stok di gudang untuk operasi pasar tidak akan menjadi masalah karena sebentar lagi akan terisi kembali dengan panen dalam negeri”, tambah Budi Waseso.

BULOG menargetkan bahwa pada saat panen raya nanti bisa menyerap setidaknya 70% dari rencana pengadaan gabah beras tahun 2023 ini dan kemudian sisanya diharapkan dapat dipenuhi saat panen gadu.

Adapun jumlah stok yang dikuasai BULOG saat ini adalah sebanyak 594 ribu ton termasuk sisa beras impor yang sedang dalam perjalanan.

"Jumlah ini sangat cukup untuk membanjiri pasar sampai dengan panen raya yang akan berlangsung sebentar lagi,"

Budi Waseso juga menegaskan, dari awal tahun hingga hari ini BULOG sudah menggelontorkan sebanyak 186 ribu ton beras operasi pasar di seluruh Indonesia. Pihaknya juga sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran bahwa operasi harus berjalan lancar sampai dengan stabilnya harga beras.

“Kami pantau secara terus menerus situasi sekarang ini dan kami akan terus membanjiri pasar dengan kekuatan stok CBP saat ini dimana sudah ada tambahan dari beras impor. Selain itu juga Penyaluran Operasi Pasar ini kami libatkan semua jaringan baik distributor, eceran, ritel modern dan jaringan Rumah Pangan Kita ,” kata Budi Waseso

Tags : bulog , stok beras