Tiap Tahun, Ada 3 Juta Angkatan Kerja Baru di Indonesia

| Rabu, 08/02/2023 11:13 WIB
Tiap Tahun, Ada 3 Juta Angkatan Kerja Baru di Indonesia Tenaga Kerja di Indonesia (Doc: HR in Asia)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah mencatat setiap tahunnya Indonesia menghasilkan 3 juta angkatan kerja baik lulusan SMA/SMK, pendidikan tinggi, diploma, politeknik maupun universitas. 

Sementara di satu sisi kapasitas menampung angkatan kerja dengan pasar kerja belum seimbang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menilai problem itulah yang membuat munculnya pengangguran

"Kalau pun berimbang, pasti ada persoalan terutama kesesuaian kompetensi, keterampilan antara calon pekerja dengan tuntutan pekerjaan," katanya dalam keterangan tertulis Rabu 8 Februari 2023.

Sekjen Anwar Sanusi berpendapat, menghadapi bonus demografi mendatang, perlunya memberikan keahlian dan keterampilan kepada tenaga kerja usia produktif yang memiliki energi besar agar mampu menghadapi tantangan dan kompetisi di pasar kerja. 

"Kalau tak dibekali keahlian dan keterampilan yang cukup untuk berkompetisi, maka anda kehilangan kesempatan untuk memenangkan pertarungan di pasar kerja," katanya.

Dia menambahkan persaingan tenaga kerja Indonesia saat ini, bukan hanya menghadapi tenaga kerja Indonesia, melainkan juga dengan tenaga kerja di luar Indonesia. 

Karenanya, untuk memenangkan persaingan tersebut, perlu membekali keahlian dan keterampilan yang cukup kepada tenaga kerja usia produktif agar mampu memenangkan persaingan global di pasar kerja.

"Kita tak mungkin menutup pintu Indonesia untuk tak menerima tenaga kerja orang-orang di luar Indonesia karena di saat bersamaan, kita pun membanjiri pasar-pasar tenaga kerja di luar negeri. Hanya orang mampu dengan bekal cukup kompetisi dan memiliki keterampilan khusus, yang akan memenangkan persaingan tersebut," katanya.

Tags : Pengangguran , angkatan kerja

Berita Terkait