Transisi Energi Buka Lapangan Kerja Baru

| Selasa, 28/03/2023 15:34 WIB
Transisi Energi Buka Lapangan Kerja Baru Solar Panel Pertamina NRE (foto:Pertamina)

RADARBANGSA.COM - Sekjen Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan transisi energi di Indonesia bisa membuka lapangan kerja baru dan kesempatan ekonomi yang luas.

"Transisi energi berkelanjutan yang dilakukan secara meluas akan membuka lapangan kerja baru dan kesempatan ekonomi, serta dapat mendukung pemulihan global," ungkap Rida dalam keterangan tertulis, Selasa 28 Maret 2023.

Sebagai contoh Program Co-firing Biomass menyerap tenaga kerja sekitar 1.300 orang. Program DME menyerap tenaga kerja sekitar 8.000-11.000 orang. Kemudian, pemanfaatan lahan bekas tambang menjadi sumber energi lain, misalnya solar, bioenergi, biomassa, perkebunan dan pertanian.

Di samping itu, diperlukan pelatihan-pelatihan agar para pekerja di sektor pertambangan dapat beralih ke energi baru terbarukan. Pelatihan yang mendukung proses transisi energi, baik di sisi hulu antara lain Pelatihan Solar PV, Hydro, Wind and Geothermal, dan sisi hilir seperti sebagai aplikasi Penyimpanan Energi dan Mobil Listrik.

Selain pelatihan tersebut, perlu dilakukan proses reskilling dan upskilling yang melibatkan partisipasi swasta, dalam bentuk pengujian dan penerbitan sertifikasi kompetensi bagi pekerja di industri energi serta kerjasama dengan lembaga internasional terkait pengembangan sumber daya manusia baik dalam bentuk soft skill maupun hard skill.

Tags : Transisi Energi , Lapangan Kerja

Berita Terkait