Hari Kopi Internasional, Momen Robusta Lampung Mendunia

| Minggu, 01/10/2017 17:15 WIB
Hari Kopi Internasional, Momen Robusta Lampung Mendunia Ilustrasi.

LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - Hari Kopi Internasional (Internasional Coffee Day) 2017 merupakan momentum untuk menjadikan kopi Lampung dikenal di seluruh dunia.

"Hal itu juga akan menjaga kelestarian kopi terutama berdampak pada meningkatnya pendapatan pelaku utama dan usaha di bisnis ini," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setprov Lampung, Sabtu (30/9).

Pihaknya yakin penyelenggaraan even ini membuat kopi di Indonesia, khususnya Lampung menjadi lebih dikenal. Selain itu, juga memberikan efek positif bagi pengembangan bisnis kopi di sektor hilir.

Selama ini, ungkapnya, komoditas kopi di Lampung berperan penting meningkatkan ekonomi masyarakat terutama produk domestik regional bruto. Karena itu, harus jadi tanggung jawab bersama untuk menjayakan kopi Lampung.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi kopi petani, diantaranya memberi pemahaman tata kelola kopi, mengedukasi petani melalui program intensifikasi, peremajaan, dan rehabilitasi tanaman. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas.

"Upaya tersebut secara nyata mampu mendongkrak peningkatan produksi dan peningkatan kualitas hasil. Sehingga membuat kopi robusta di Provinsi Lampung memiliki kualitas tinggi," ungkapnya seperti dikutip antaranews.com, Minggu, 1 Oktober 2017.

Luas perkebunan kopi di Lampung sekarang mencapai 160 ribu hektare (ha) atau 12,97 persen dari total luas areal kopi nasional yang mencapai 1,24 juta ha. Tersebar di Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Waykanan. Hasil produksi sebagian diekspor ke beberapa negara Eropa, Jepang, Timur Tengah, dan Australia.

"Sementara ada 147 ribu kepala keluarga (KK) petani di Lampung yang menggantungkan hidup dari perkebunan kopi, dengan produksi kopi mencapai 120 ribu ton per tahun.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kementerian Perindustrian Willem Petrus Riwu mengapresiasi Pemprov Lampung yang berkomitmen dalam meningkatkan produksi kopi di Indonesia.

Tags : Hari Kopi Internasional , Kopi Lampung

Foto Terkait