Penting, Wanita Harus Tahu 8 Hal ini Sebelum Menyetir

| Jum'at, 20/10/2017 06:36 WIB
Penting, Wanita Harus Tahu 8 Hal ini Sebelum Menyetir Ilustrasi

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dalam hal berkendara bisa dibilang kaum wanita masih dianggap sebelah mata jika dibandingkan pengendara pria. Soal urusan mobil juga tak jarang wanita dibilang tak mengerti apa-apa hanya bisa mengendarainya saja.

Berikut ada delapan hal dasar yang perlu diketahui wanita soal mobil yang dikemudikannya, terutama saat berkendara seperti dilansir detik.com.

1. Cara menyalakan lampu hazard

Lampu hazard merupakan salah satu hal yang penting saat sedang berkendara apalagi saat sedang mengalami kondisi darurat. Lampu ini dinyalakan ketika mobil tiba-tiba mogok di jalan atau si pengendara mengalami hal darurat lain seperti pecah ban di tengah jalan. Penting bagi para wanita mengetahui dimana letak tombol lampu hazard karena setiap pabrikan meletakkannya berbeda-beda.

2. Cara mengecek tekanan ban

Mengecek tekanan menjadi hal penting sebelum seseorang berkendara. Tentunya berbahaya mengendarai mobil jika tekanan ban kurang atau lebih dari seharusnya. Tekanan ban bisa diukur menggunakan alat pengukur dan bisa dilakukan sendiri. Angka tekanan tersebut dicocokan dengan tekanan ban yang dianjurkan, bisa dilihat di bagian dalam pintu samping pengemudi.

3. Cara mengisi angin ban

Jika anda menyadari tekanan ban mobil terasa kurang, kita harus segera mengisinya. Untuk berjaga-jaga bisa membeli kompresor portabel agar bisa berfungsi saat ban mobil kurang angin di kondisi jalanan sepi. Sembari mengisi, perhatikan juga apakah ada tanda-tanda kebocoran pada ban mobil.

4. Cara mengisi air wiper

Melihat kaca jendela yang kotor dan berdebu pastinya menganggu pandangan saat menyetir. Saat ingin membersihkannya dengan wiper ternyata airnya habis tentu bisa jadi berbahaya. Pastikan mengeceknya secara reguler sehingga tak kehabisan air wiper.

5. Cara Mengganti ban

Mengetahui cara mengganti ban menjadi salah satu hal yang penting bagi seorang wanita. Apalagi saat sedang menyetir sendirian dan tak tahu harus meminta bantuan siapa ketika ban pecah. Cara mengganti ban bisa dilihat di berbagai video yang tersebar di Youtube. Atau bisa meminta ajarkan oleh kerabat terdekat.

6. Cara membuka kap mobil

Ada beberapa wanita yang memang benar-benar hanya bisa mengendarai mobil saja, bahkan untuk membuka kap mesin saja tidak tahu. Cara membuka kap mesin setiap mobil berbeda-beda, pengendara bisa mengeceknya di buku manual pada mobil.

7. Mengetahui Tanda-tanda Aneh di Mobil

Kaum wanita biasanya suka mengabaikan bunyi-bunyi aneh pada mesin mobil. Sebaiknya jika ada sesuatu hal yang tak biasa pada mobil segera membawanya ke bengkel sebelum nantinya memicu kerusakan yang lebih parah dan bisa membahayakan keselamatan si pengendara.

8. Cara mengecek oli

Tak semua wanita mengetahui cara mengecek oli di mobil. Jika hendak mengganti oli acuannya adalah tanggal ganti oli terakhir yang biasanya tertera di mobil. Padahal tak ada salahnya tahu apakah oli harus sudah diganti atau yang kedua mengisinya.

Jika level oli rendah kita bisa menambahkannya hingga tanda batas yang terlihat. Pastikan juga oli tak bocor dengan melihatnya ke bawah mobil ketika mobil sedang terparkir. 

Sudah tahu `kan apa yang harus diperhatikan sebelum mengemudikan mobil. Merawat sendiri mobil yang dimiliki bisa menghemat biaya perawatan mobil kalau anda tahu langkah-langkanya.

Tags : Perawatan Mobil

Foto Terkait