Di Universitas Mataram, Reza Rahadian Bicara Nilai-Nilai Pancasila

| Selasa, 10/04/2018 07:05 WIB
Di Universitas Mataram, Reza Rahadian Bicara Nilai-Nilai Pancasila Reza Rahadian (Aktor).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Aktor Reza Rahadian telah banyak membintangi film-film nasional. Beragam peran, bahkan jadi sosok pahlawan nasional pun sukses dibawakannya.

Dalam hal nasionalisme, Reza juga ikut menyoroti betapa pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu keberagaman suku, agama, dan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Sebagai seorang seniman dan publik figur, Reza Rahadian memandang keanekaragaman yang dimiliki Indonesia sebagai sebuah kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Tuhan sudah memberikan anugerah kepada Indonesia berupa kekayaan alam dan aneka ragam suku dan budaya. Sebagai generasi muda, ini yang harus kita jaga,” kata Reza Rahadian saat menjadi motivator dalam talkshow bertajuk ‘Pancasila di Zamanku’ di Lapangan Atletik Universitas Mataram, NTB, Sabtu, 7 April 2018 lalu.

“Caranya bagaimana? Contoh sederhana adalah menanamkan rasa cinta dan menghargai perbedaan,” sambungnya.

Reza mengakui, sejak kecil dirinya sudah terbiasa menghargai perbedaan. “Toleransi telah menjadi bagian dalam hidup saya. Dengan saling menghormati dan menghargai, seperti nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila, kita bisa hidup dalam kedamaian,” ujarnya.

Diketahui, acara Talkshow `Panasila Dizamanku` diselenggarakan oleh Bakti Pendidikan Djarum Foundation bekerjasama dengan Universitas Mataram (UNRAM) dan Solidaritas Anak Bangsa (SABANG) ini.

selai Reza Rahadian, Talkshow ini juga mengundang narasumber Pakar hukum tata negara yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud M.D. dan pemerhati sosial dari Wahid Institute, Inayah Wulandari Wahid.

Tags : Reza Rahadian , Pancasila , Keanekaragaman

Foto Terkait