Kopi `Spesialti`, Kopi Spesial Dengan Kualitas Terbaik

| Senin, 30/04/2018 10:45 WIB
Kopi `Spesialti`, Kopi Spesial Dengan Kualitas Terbaik Kopi Indonesia. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menikmati kopi dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi `trend` sejak dulu. Saat ini, penikmat Kopi bukan hanya laki-laki saja, tetapi perempuan pun banyak yang menyukai minuman mengandung cafein tersebut. Memang, sebagian orang ada yang beranggapan bahwa kopi apapun dapat menemani mereka, tapi ada pula yang mencari kopi spesialti.

Kopi spesialti atau speciality coffee adalah kopi dengan kualitas baik. Kualitas ini dinilai bukan berdasarkan komentar penggemar kopi tapi dinilai oleh seorang Q Grader bersertifikat. Q Grader adalah titel yang diberikan pada orang yang telah melewati serangkaian tes dan layak menyematkan `gelar` speciality pada suatu jenis kopi.

Setra Yuhana, pembina Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia atau Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menjelaskan Q Grader akan memastikan suatu jenis kopi adalah kopi spesialti lewat empat indikator atau penilaian. Lewat cupping test, Q Grader menilai lewat aroma kopi dalam bentuk bubuk, kopi diseduh, rasa setelah kopi diseduh serta rasa yang ditinggalkan setelah kopi dicicipi.

"Untuk kualifikasi, ada dua tapi sebenarnya sama. Nilai 80-85 itu speciality, 85-95 top speciality, di atas itu disebut top of the top. Ada juga istilahnya speciality, excellent dan yang nilainya tinggi (kualitifkasinya) outstanding," ujarnya seperti dilansir dari laman cnnindonesia.com, Senin, 30 April 2018.

Lebih lanjut Setra mengatakan, nilai di bawah 80 disebut kopi premium. Keberadaan kopi spesialti bukan hanya bagi mereka yang mencintai kopi dengan kualitas terbaik tapi juga bagi mereka yang menjalankan usaha kedai kopi.

Menurutnya, kopi spesialti digunakan sebagai campuran untuk house blend. Campuran sedikit saja kopi spesialti dapat menberikan aroma dan rasa berbeda pada sajian kopi ramuan sendiri yang umumnya menggunakan kopi premium sebagai base atau dasar.

Semakin tinggi nilainya, maka harga jual kopi atau biji kopi akan semakin tinggi. Setra menuturkan, penikmat kopi spesialti rela merogoh kocek lumayan dalam demi secangkir kopi dengan kualitas yang terbukti baik. Sayangnya, masyarakat Indonesia kurang teredukasi tentang kopi jenis ini.

"Masyarakat saat ini menikmati kopi di bawah premium," ucapnya.

Menurut Setra, perlu ada akselerasi edukasi bagi konsumen baik dari yayasan lembaga konsumen maupun dari pemerintah. Ia ingin masyarakat dapat menikmati kopi spesialti yang sebenarnya.

"Supaya masyarakat tidak tertipu. Kami dari SCAI mengedukasi lewat festival, lomba lelang. Beberapa jenis kopi spesialti dari Indonesia itu ada java preanger, toraja, mandeling, bajawa," pungkasnya.

Tags : Kopi Spesialti , Q Grader , SCAI

Foto Terkait