Manfaat Daun Sirih, Obati Beragam Penyakit Hingga Kecantikan

| Rabu, 13/11/2019 22:01 WIB
Manfaat Daun Sirih, Obati Beragam Penyakit Hingga Kecantikan Daun Sirih. (Foto: twitter @cumasejam)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat. Tanaman tersebut sejak dulu dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Daun sirih cukup populer di Indonesia dan mudah ditemui di pasaran. Daun sirih juga banyak tumbuh di sekitar rumah. Daun sirih ada dua macam, yakni hijau dan merah.

Penting diketahui bahwa daun sirih kerap dijadikan sebagai obat-obatan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Khasiat daun yang paling terkenal adalah menjaga kesehatan mata dan dipakai sebagai pembersih area kewanitaan.

Tanaman yang tumbuh menjalar dan memiliki daun lebar tersebut kaya kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Selain itu, daun sirih juga mengandung sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Anda bisa merebus air daun sirih untuk diminum maupun digunakan sebagai obat luar.

Berikut manfaat daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan, serta untuk mengobati berbagai penyakit disadur dari berbagai sumber, antara lain:

1. Mengobati Tumor

Senyawa antioksidan, dan terpenoid dalam daun sirih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh juga akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh. Sehingga, daun sirih dapat dijadikan obat herbal bagi pengidap tumor.

2. Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar merupakan masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasinya.

Daun sirih mengandung senyawa alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada yang akan membantu meredakan peradangan pada bagian kulit yang terbakar. Caranya, Anda bisa menghancurkan 3-5 lembar daun sirih, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di area kulit yang terbakar. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

3. Mengobati Diabetes

Sebuah penelitian membuktikan meminum air rebusan daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Manfaat daun sirih untuk diabetes ini dikarenakanan adanya kandungan antioksidan tinggi yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh yang dapat memicu ketidakseimbangan hormon insulin.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke

Tingginya kadar kolesterol dan trigliserida dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung. Sebagai solusinya, daun sirih dapat bekerja meningkatkan kolesterol baik dalam darah yang menjaga kesehatan jantung.

Caranya, Anda bisa mencoba rebus 3-4 lebar daun sirih dan minum air rebusan tersebut.

5. Mengobati Asam Urat

Daun sirih dipercaya dapat mengobati asam urat, yang berwarna merah. Sirih merah memiliki kemampuan untuk meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Caranya, Anda bisa merebus delapan lembar daun sirih dengan 500 mili liter air hingga menyisakan tiga gelas. Minum air rebusan tersebut tiga kali sehari.

Sementara itu, manfaat daun sirih untuk kecantikan diantaranya:

1. Menghentikan mimisan
2. Menyehatkan lambung
3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
4. Mengatasi bau mulut
5. Meningkatkan kesehatan mata
6. Membuat kulit lebih halus dan bersih
7. Membersihkan daerah kewanitaan
8. Mengurangi bau badan
9. Mengatasi jerawat
10. Meredakan gatal-gatal

Tags : Daun Sirih , Kesehatan , Kecantikan

Foto Terkait