Butuh Peran Orangtua Cegah Anak Kecanduan Gadget

| Minggu, 05/07/2020 20:25 WIB
Butuh Peran Orangtua Cegah Anak Kecanduan Gadget Orangtua mendampingi anak bermain gadget. (Foto: bandungkitaid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sejak pandemi virus corona atau COVID-19 melanda Indonesia, hampir semua aktifitas diluar rumah terhenti dan sebagian dilakuakn dirumah. Masa pandemi juga momen bagi sebagian orang untuk berkumpul dengan keluarga tercinta.

namun, ada hal yang harus diperhatikan orangtua saat menghabiskan waktu bersama anak-anak dirumah, yakni mengawasi anak dalam menggunakan gadget. Peran orangtua sangat penting agar anak tidak kecanduan gadget.

Ditambah lagi, sebagian anak-anak mengerjakan tugas sekolah menggunakan gadget selama pandemi, sehingga kemungkinan besar bisa kencanduan. Untuk itu, tips ini bisa menjadi solusi bagi orangtua agar anak tidak kecanduan gadget, antara lain:

1. Ubah Kebiasaan Anda

Bagi para orang tua, Anda juga perlu lepas dari gadget sebelum anak Anda tidak kecanduan. Anda juga dapat menjadi contoh untuk sang anak dengan tidak memainkan ponsel sepanjang waktu. Anak biasanya akan mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya.

2. Batasi Penggunaan Gadget

Pertama Anda harus menerapkan aturan untuk membatasi penggunaan gadget pada anak. Misalnya hanya boleh menggunakan ponsel hingga komputer selama satu jam dalam sehari atau bisa juga hanya weekend.

Anda harus ketat dengan jadwal tersebut dan rencanakan kegiatan fisik yang menyenangkan bagi anak untuk terlibat di waktu lain.

Ajari anak Anda lebih awal tentang pentingnya moderasi. Pastikan untuk menawarkan pujian ketika anak Anda menunjukkan pengendalian dalam penggunaan perangkat teknologi dan mengikuti aturan yang Anda tetapkan.

3. Jangan Tempatkan Gadget di Kamar Tidur Anak

Tips berikutnya yakni jangan menempatkan komputer, televisi, hingga ponsel di kamar tidur anak. Segera singkirkan ketika mereka atau Anda sudah selesai menggunakannya.

Selain itu, Anda dapat menetapkan zona `bebas gadget` untuk anak seperti di kamar tidur, ruang makan, dan di dalam mobil.

4. Pantau Akses

Pantau akses dengan menggunakan perangkat bersama anak. Ambil kesempatan ini untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan berbagi nilai-nilai keluarga.

Terkadang, dengan kehidupan sibuk yang dijalani, teknologi dapat digunakan untuk membantu mengisi waktu seorang anak.

Namun, tetap penting bagi orang tua dan pengasuh untuk dapat berbicara, mendengar, bermain, mengunjungi tempat dan secara aktif terlibat dengan anak-anak mereka selama rutinitas dan kegiatan sehari-hari mereka.

Kepedulian dan perhatian orangtua pada anak kunci agar anak bisa terhindar dari kecanduan gadget dan mampu menggunakan gadget seperlunya dalam beraktifitas. Semoga bermanfaat.

Tags : Gadget , Orangtua , Teknologi

Foto Terkait