Tak Hanya Pedas, Ini Manfaat Cabai untuk Kesehatan

| Sabtu, 05/09/2020 23:15 WIB
Tak Hanya Pedas, Ini Manfaat Cabai untuk Kesehatan ilustrasi Cabai. (Foto: Halloriau)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hampir seluruh masyarakt di dunia menyukai makanan pedas. Tak bisa dipungkiri, cabai menjadi sangat dibutuhkan untuk memasak makanan pedas.

Dilansir dari okezone.com, Cabai merupakan salah satu bumbu masak yang pedas rasanya. Bagi pencinta masakan pedas, maka cabai menjadi bumbu favorit mereka.

Selain pedas, ternyata cabai juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja manfaatnya? Berikut manfaat cabai untuk kesehatan tubuh:

1. Melancarkan saluran pernapasan

Cabai sangat bagus, cepat dan efektif memperlancar saluran hidung Anda. Apalagi saat sedang flu, maka sup pedas membuat hidung terasa plong. Ini memungkinkan Anda untuk bernapas lebih mudah.

2. Menurunkan kadar gula darah

Mengonsumsi cabai memiliki dampak yang sangat positif pada orang-orang yang kelebihan berat badan atau menderita diabetes. Tim peneliti di The University of Tasmania, yang menerbitkan American Journal of Clinical Nutrition, pada bulan Juli 2006, menemukan bahwa makan cabai dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan.

3. Menjaga kesehatan hati

Cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bertindak sebagai pengencer darah untuk membantu melindungi manusia terhadap stroke. Mengonsumsi makanan dengan cabai setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan hati Anda.

4. Mengurangi peradangan

Capsaicin dikenal mengandung Neuropeptida yang terkait dengan proses inflamasi. Perubahan cabai terkait dalam protein plasma telah dilaporkan pada pasien dengan penyakit auto-inflamasi seperti rheumatoid dan arthritis.

Asupan cabai secara teratur dapat membantu meminimalkan efek penyakit ini pada tubuh. Capsaicin juga berfungsi sebagai pereda nyeri yang efektif tanpa efek mati rasa yang biasanya dikaitkan dengan anestesi.

Tags : Cabai , Kesehatan Tubuh , Pedas

Foto Terkait