Petani Asal Lembang Ini Ungkap Kiat Sukses Bertani

| Rabu, 09/09/2020 19:25 WIB
Petani Asal Lembang Ini Ungkap Kiat Sukses Bertani Petani Sukses Asal Lembang, Ulus Pirmawan (Doc: Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Petani asal Lembang, Bandung Kulon, Ulus Pirmawan mengungkap beberapa kiat agar sukses dalam bertani. Ulus dikenal sebagai petani yang sukses di daerahnya karena meski hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), ia mampu mengangkat kesejahteraan petani di wilayahnya.

Salah satu tips untuk kita bisa nembus pasar modern, supermarket atau pasar ekspor ya kita harus menjaga kualitas dan kontinyuitas, itu yang utama,” papar Ulus dalam wawancaranya, Rabu 9 September 2020.

Pasalnya ia menuturkan bahwa supermarket tidak mau menerima produk yang tidak berkualitas dan tidak kontinyu.

“Jadi gimana caranya kita budidayanya harus menghasilkan produk – produk yang berkualitas, salah satunya rendah residu pestisida. Untuk itu, kita tidak boleh terlalu banyak menggunakan pestisida kimia jadi lebih ke pupuk organik,” tambahnya.

Ulus mencontohkan seperti komoditas yang akan diekspor ke Singapura. Setiap produk yang diekspor ke Singapura setiap harinya akan melalui pengecekan residu. Jika misalnya komoditas tersebut tidak lolos pengecekan maka dipastikan masuk ke dalam daftar blacklist.

Selanjutnya ia juga meminta kepada petani untuk memastikan pasar, khususnya melalui kerjasama kontrak untuk menhindari fluktuatif harga.

“Karena pandemi ini kan jadi kurang, akhirnya harga tomat menjadi seribu, brokoli cuma seribu, bunga kol dibawah seribu, sawi putih di bawah seribu,” ungkapnya.

Tips selanjutnya adalah pengolahan lahan yang baik dengan melakukan proses pencangkulan tanah yang benar agar tanah menjadi gembur dan tidak tandus.

Ulus juga menyebut jikapupuk kompos yang digunakan juga harus yang matang, serta terakhir adalah benih yang dipakai harus sesuai dengan permintaan pasar.

“Jadi kalo pasar supermarket mintanya yang lonjong ya kita tanem yang lonjong jangan yang bulet seperti itu,” tukasnya.

Tags : kiat bertani , tips bertani , petani pemula

Foto Terkait