Kaya Vitamin, ini Manfaat Buah Tomat untuk Tubuh

| Selasa, 22/09/2020 19:45 WIB
Kaya Vitamin, ini Manfaat Buah Tomat untuk Tubuh Buah Tomat. (Foto: alodoktercom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Buah Tomat telah dikenal sebagai bahan tambahan untuk memasak makanan. Tak hanya itu, Tomat yang kaya akan vitamin ini juga sering dimakan langsung hingga dibuat menjadi jus buah.

Dilansir dari okezone.com, berikut manfaat buah tomat untuk tubuh:

1. Menstabilkan tekanan darah

Seseorang yang makan satu buah tomat dapat menyediakan sekira 40% kebutuhan vitamin C. Di samping itu, tomat mengandung vitamin A, kalium, dan zat besi yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah normal.

Buah ini juga mengandung vitamin K, yang fungsinya mengontrol aliran darah dan mencegah pembekuan darah.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Likopen dalam tomat dapat melindungi kamu dari penyakit kardiovaskular. Kalau makan tomat secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Ujung-ujungnya dapat mengurangi pengendapan lemak di bagian pembuluh darah.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Makan tomat setiap hari dapat melancarkan sistem pencernaan. Kamu bisa terbebas dari risiko sembelit dan diare. Tomat fungsinya juga mampu untuk detoksifikasi, yang efektif menghilangkan racun dari tubuh.


4. Meningkatkan kesehatan mata

Ternyata vitamin A yang ada di dalam tomat membantu meningkatkan kesehatan mata. Paling penting adalah mencegah kebutaan dan degenerasi makula. Konsumsilah tomat sejak muda jika ingin kualitas kesehatan mata terjaga sepanjang usia.

5. Melawan kanker

Penelitian menyebutkan, tomat mengandung tinggi antioksidan berupa likopen. Nutrisi tersebut efektif menurunkan risiko penyakit kanker, khususnya kanker paru, kanker lambung dan kanker prostat yang menghantui kaum lelaki.

Tags : Tomat , Kesehatan , Vitamin , Kanker

Foto Terkait