Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

| Selasa, 13/10/2020 21:15 WIB
Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh Jambu Biji. (Foto: sehatqcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Buah jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa dimakan langsung, jambu biji juga enak untuk dibuat jus.

Dilansir dari okezone.com, jambu biji bisa untuk kekebalan tubuh dan menurunkan risiko kanker. Berikut manfaat jambu biji, antara lain:

1. Tingkatkan kekebalan tubuh

Tahukah Anda, jambu biji merah merupakan salah satu sumber vitamin C terkaya yang terdapat dalam buah-buahan. Kandungannya bahkan 4 kali lebih tinggi dibandingkan jeruk. Vitamin C inilah yang nantinya akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi Anda dari infeksi atau serangan virus berbahaya lainnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Selain kaya akan vitamin C, jambu biji merah dipercaya ampuh dalam meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium di dalam tubuh. Ini sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah pada pasien dengan hipertensi. Jambu biji juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), yang berkontribusi pada perkembangan kesehatan jantung. Buah ajab ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Menurunkan risiko kanker

"Kandungan lycopene, quercetin, vitamin C dan polifenol lainnya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralisir radikal bebas di dalam tubuh, serta mencegah pertumbuhan sel kanker. Jambu biji merah juga telah terbukti sukses mengurangi risiko kanker prostat dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara karena kaya akan likopen," tutur Dr. Manjo K. Ahuja.

4. Meningkatkan penglihatan

Kandungan vitamin A yang terdapat pada jambu biji merah diklaim dapat menjaga kesehatan mata. Tidak hanya mencegah degradasi penglihatan, bahkan meningkatkan penglihatan. Jika dikonsumsi secara rutin, khastianya dapat mencegah timbulnya katarak dan memperlambat degenarasi makula.

5. Mengobati sembelit

Sering sembelit atau susah buang air besar? Tidak perlu khawatir. Jambu biji merah diketahui merupakan salah satu sumber serat makanan terkaya dibandingkan dengan buah-buahan lain. Satu buah jambu biji dapat memenuhi sekitar 12% dari asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di sisi lain, biji buah ini juga berfungsi sebagai obat pencahar yang sangat baik, karena dapat membantu pembentukan gerakan usus yang sehat.

Tags : Jambu Biji , Khasiat , Kesehatan Tubuh

Foto Terkait