Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Dapat Bantu Jaga Imunitas Tubuh

| Kamis, 22/07/2021 22:30 WIB
Manfaat Jahe untuk Kesehatan, Dapat Bantu Jaga Imunitas Tubuh Minuman Jahe. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Jahe telah dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat menghangatkan tubuh dan menjadi minuman alternatif herbal selama pandemi COVID-19.

“Jahe yang memiliki nama lain zingiber officinale memiliki efek antispasmodik (melemaskan otot yang spasme/tegang), antinyeri (analgetik), antiradang, termogenik (memproduksi kalori dengan meningkatkan laju metabolisme basal),” kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si, sebagaimana dilansir dari okezone.com, Kamis, 22 Juli 2021.

Minuman jahe dapat dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur. Jika Anda ingin meminumnya di seore hari, maka taruhlah air rebusan jahe ke dalam termos.

Berikut manfaat minuman jahe untuk kesehatan, antara lain:

1. Turunkan kadar kolesterol

Obesitas dan kolesterol terkadang berjalan seiring. Air jahe bisa menurunkan kadar kolesterol. Air jahe juga dapat menurunkan tekanan darah karena dapat bertindak sebagai pengencer darah.

2. Mempercepat metabolisme

Air jahe juga bisa mempercepat metabolisme Anda dan berkontribusi pada penurunan berat badan. Ini juga dapat membantu membuang racun.

3. Sebagai anti-inflamasi

Air Jahe juga bisa berperan sebagai anti-inflamasi sehingga dapat membantu menjaga panas tubuh dan ini secara tidak langsung membantu membakar lebih banyak kalori.

4. Kurangi kadar kortisol

Minum air jahe juga dapat membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Kadar kortisol yang lebih tinggi dikaitkan dengan lemak perut.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikarenakan jahe memiliki agen antivirus dan antijamur, jahe dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh Anda. Ini juga memasok seng, magnesium, dan kromium juga. Dapat mencegah alergi juga.

Tags : Jahe , Kesehatan , Tubuh , Imunitas

Foto Terkait