Tips Aman Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil dari Reisa, Apa Saja?

| Rabu, 04/08/2021 22:50 WIB
Tips Aman Vaksin COVID-19 untuk Ibu Hamil dari Reisa, Apa Saja? Ilustrasi ibu hamil. (Foto: alodoktercom)

RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 sekaligus Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro membeberkan beberap tips aman mendapatkan vaksin bagi ibu hamil. Pertama, menurutnya, melakukan konsultasi keinginan tersebut kepada dokter kandungan atau Bidan.

“Kedua, pastikan semua prasyarat dasar kita penuhi sebelum pergi ke pos vaksin setelah mendaftar yaitu tidak demam atau suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celcius, tensi darah di bawah 140/90 mmHg, usia kehamilan minimal 13 minggu atau masa trimester kedua,” kata Reisa dalam konferensi pers PPKM secara virtual, Rabu, 4 Agustus 2021.

Dijelaskannya, pada trimester kedua kandungan sudah semakin kuat. Rata-rata berat bayi dalam kandungan sudah mencapai 42 gram dengan panjang sembilan sentimeter.

Selain itu, tulang dan tengkoraknya semakin mengeras dan kemampuan dengarnya ikut meningkat, kemampuan otaknya sendiri juga sudah berkembang sejak trimester pertama. “Kita mungkin akan merasakan tendangan dan detak jantung yang berdebar serta bisa melihat berbagai ekspresi melalui pemeriksaan USG. Begitu indahnya ciptaan Tuhan, bukan?” tuturnya.

Karena itu, Reisa juga menganjurkan ibu hamil vaksinasi setelah kandungan berusia 13 minggu. Ia juga meminta agar ibu hamil yang ingin divaksin untuk mencari informasi lebih lanjut melalui kemenkes.go.id atau langsung kontak 119 extension 9.

Tags : Ibu Hamil , Reisa , Vaksin , COVID-19 , Indonesia

Foto Terkait