Ini Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan

| Minggu, 12/12/2021 16:39 WIB
Ini Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Ilustrasi Susu Kambing. (Foto: oramicoid)

RADARBANGSA.COM - Susu kambing mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh. Namun, belum banyak orang yang mau mengkonsumsi susu kambing.

Tak hanya itu, susu kambing juga aman bagi bayi karena memiliki daya cerna yang lebih tinggi. Dilansir dari okezone.com, berikut manffat susu kambing untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengobati anemia

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bioavailabilitas zat besi dalam susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi. Artinya, konsumsi susu kambing akan membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengurangi risiko anemia defisiensi besi.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengonsumsi susu kambing akan menjaga kesehatan jantung karena kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium adalah mineral penting yang bermanfaat bagi jantung. Hal ini berfungsi dalam menjaga detak jantung teratur, mencegah pembentukan gumpalan darah, dan meningkatkan kolesterol baik. Sebuah studi pada 2005 yang diterbitkan Journal of Dairy Science menemukan bahwa mengonsumsi susu kambing meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

3. Menurunkan peradangan

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu kambing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melawan peradangan. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa susu kambing mengandung oligosakarida yang menunjukkan efek anti-inflamasi pada kolitis dan karenanya, mungkin berguna dalam mengelola penyakit radang usus.

4. Menyehatkan tulang

Sebuah studi yang diterbitkan International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menunjukkan bahwa minum susu kambing segar meningkatkan kadar kalsium dan mencegah risiko osteoporosis.

Susu kambing juga mengandung asam lemak rantai menengah yang berperan besar dalam penyerapan kalsium dan fosfor, dua mineral penting yang membantu menjaga kesehatan tulang.

5. Baik untuk lambung

Susu kambing juga baik bagi orang-orang yang punya gangguan lambung. Selain itu juga baik untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui, serta meningkatkan kecerdasan dan menjaga sistem imun tubuh.

Tags : Susu Kambing , Kesehatan , Tubuh , Vitamin

Foto Terkait