Ini Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah

| Jum'at, 28/01/2022 22:15 WIB
Ini Manfaat Nangka untuk Kesehatan, Bisa Kontrol Gula Darah Buah Nangka. (Foto: klikdokter)

RADARBANGSA.COM - Buah Nangka saat ini tidak sulit ditemukan, terutama di Indonesia. Tahukah Anda, buah nangka ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain rasanya yang manis, buah nangka juga dapat dijadikan bahan campuran makanan dan minuman. Catat ya, berikut manfaat buah nangka untuk kesehatan, seperti dikutip dari laman okezone, antara lain:

1. Turunkan risiko stroke dan penyakit jantung

Konsentrasi tinggi antioksidan, potasium, dan serat dalam nangka dapat menurunkan risiko stroke dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Dapat mempercepat penyembuhan

Nangka kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang terkait dengan sintesis kolagen (senyawa penting untuk penyembuhan luka). Nangka menunjukkan aktivitas penyembuhan luka yang tinggi, yang dikaitkan dengan kandungan flavonoidnya yang tinggi.

3. Bantu mengontrol gula darah

Buah nangka memiliki indeks glikemik sedang berkisar dari 50 hingga 60. Diet yang kaya akan makanan rendah glikemik dapat membantu mengelola kadar gula darah. Indeks glikemik adalah sistem peringkat yang mengukur makanan yang meningkatkan kadar gula darah Anda. Para peneliti mengamati penurunan yang signifikan dalam gula darah, kolesterol LDL, dan kadar kolesterol total dari kandungan nutrisi buah nangka.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Nangka adalah buah yang kaya dengan kandungan magnesium dan mineral. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur.

Tags : Nangka , Kesehatan , Tubuh , Gula Darah

Foto Terkait