Penderita Kolesterol Wajib Kurangi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

| Jum'at, 08/04/2022 15:20 WIB
Penderita Kolesterol Wajib Kurangi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa Daging Sapi (Foto: Halodoc)

RADARBANGSA.COM  - Memasuki bulan puasa ini banyak dari kita yang tergesa – gesa saat sedang berbuka puasa. Kita banyak membayangkan makanan lezat di pikiran kita, sehingga cenderung mengabaikan kadar lemak yang terkandung didalamnya.

Alhasil kita kerap berbuka puasa dengan makanan yang tidak menyehatkan.

Bagi penderita kolesterol, tentu ini menjadi hal serius untuk diperhatikan. Bukan berarti kita tidak boleh memakan makanan yang mengandung lemak tinggi, namun alangkah baiknya jika kita membarenginya dengan sayur – sayuran.

Nah lalu apa saja makanan yang harus dikurangi saat berbuka? Mengutip Alodokter, ada 5 (lima) jenis makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi,

 

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji, seperti hamburger dan pizza, mengandung sekitar 85–180 mg kolesterol dalam satu porsinya. Jumlah kolesterol yang dikonsumsi juga dapat bertambah saat Anda minum soda dan mengonsumsi kentang goreng bersamaan dengan makanan tersebut.

Karena jumlah kolesterolnya yang tinggi, Anda dianjurkan membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

 

2. Es krim

Satu cup es krim mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan satu buah burger dan donat. Daripada mengonsumsi es krim sebagai hidangan penutup, lebih baik Anda menggantinya dengan semangkuk buah segar yang kaya serat dan nutrisi, serta rendah kalori. Buah juga merupakan makanan yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

 

3. Steak

Steak daging sapi adalah salah satu makanan yang banyak mengandung kolesterol. Meski tinggi kolesterol dan lemak jenuh, bukan berarti Anda tidak dapat mengonsumsi steak daging sapi sama sekali.

Jika ingin makan steak, pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah, seperti bagian perut sapi (beef flank). Dalam sepotong daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 300 mg kolesterol. Anda juga bisa mengganti  daging sapi dengan daging domba dengan kandungan kolesterol lebih rendah, yaitu sekitar 100–150 mg.

 

4. Telur

Telur dapat menjadi sumber protein sehat selama tidak dikonsumsi secara berlebihan setiap harinya. Jika sudah mengonsumsi telur sebagai menu sarapan, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi sumber kolesterol lain, seperti jeroan dan daging berlemak, sebagai menu makan siang. Penderita kolesterol tinggi masih diperbolehkan untuk mengonsumsi 4–6 telur per minggu.

 

5. Makanan laut

Beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi. Dalam setiap 100 gr lobster terkandung sekitar 70 mg kolesterol. Untuk mengurangi asupan kolesterol, pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan, dan sebaiknya olah makanan laut tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoren

 

Tags : daging , telur , lobster

Foto Terkait