Ini 7 Minuman Penurun Darah Tinggi Aman Dikonsumsi Tiap hari

| Selasa, 12/07/2022 18:57 WIB
Ini 7 Minuman Penurun Darah Tinggi Aman Dikonsumsi Tiap hari Jus Tomat. (Foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Penyakit tekanan darah tinggi tak mengenal usia. Tekanan darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke.

Minuman penurun darah tinggi merupakan salah satu solusi untuk melawan hipertensi. Mengutip laman healthline.com, terdapat 7 minuman yang dapat membantu menurunkan darah tinggi, antara lain:

1. Jus tomat

Dalam sebuah studi 2019, peneliti Jepang mengevaluasi efek minum satu cangkir jus tomat per hari pada peserta dengan faktor risiko penyakit jantung.

Para peneliti menyimpulkan bahwa jus tomat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik, serta kolesterol jahat. Studi terbaru lainnya melaporkan hasil yang serupa di antara orang-orang dengan hipertensi stadium 1 dan wanita hamil.

Lebih baik konsumsi jus tomat tawar untuk menghindari natrium yang tidak perlu, yang dapat memiliki efek sebaliknya pada tekanan darah.

2. Jus bit

Sayuran dan buah berwarna-warni dan rendah kalori tidak hanya mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Salah satunya adalah buah bit.

Sebuah studi pada 2016, menemukan bahwa jus bit mentah dan dimasak dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, jus bit mentah memiliki dampak yang lebih besar pada tekanan darah. Buah bit kaya akan nitrat, senyawa yang dikenal memiliki efek penurun tekanan darah.

3. Jus prune

Jus prune telah lama dikenal untuk membantu meringankan sembelit. Tetapi salah satu manfaat kesehatan jus prune yang kurang dikenal adalah menurunkan tekanan darah.

Menurut studi pada 2010, peneliti membandingkan tiga kelompok: satu kelompok makan tiga buah prune per hari, kelompok kedua makan enam buah prune per hari, dan kelompok ketiga tidak makan buah prune.

Para peneliti melaporkan penurunan tekanan darah yang signifikan di antara orang-orang yang makan satu dosis tiga buah prune per hari. Sementara, orang yang makan enam buah prune per hari mengalami penurunan tambahan tekanan darah sistolik. Selain itu, baik tiga dan enam dosis prune ditemukan juga menurunkan kolesterol jahat.

4. Jus buah delima

Buah delima tak hanya kaya nutrisi seperti folat dan vitamin C, melainkan juga memiliki efek anti-inflamasi yang tinggi. Maka tak heran, jika jus delima dapat berkontribusi pada diet jantung sehat.

5. Jus berry

Seperti buah delima, buah beri terutama blueberry dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian pada 2020 melaporkan bahwa minum jus cranberry atau ceri dapat meningkatkan tekanan darah.

Ulasan lain yang diterbitkan di Nature pada tahun 2016 menemukan bahwa mengonsumsi buah beri menurunkan tekanan darah sistolik dan kolesterol jahat. Para peneliti menyimpulkan bahwa buah beri kemungkinan memiliki manfaat kardiovaskular, namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memperjelas peran berry dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung.

6. Susu skim

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt adalah minuman yang juga dapat menurunkan hipertensi. Dalam tinjauan literatur 2011 yang melibatkan 45.000 orang dewasa, para peneliti memeriksa asupan produk susu rendah dan tinggi lemak dan bagaimana masing-masing mempengaruhi tekanan darah.

Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi makanan rendah lemak susu dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi.

7. Teh

Sebuah penelitian pada 2014 dari uji coba terkontrol secara acak membandingkan efek konsumsi teh hitam dan hijau pada tekanan darah. Para peneliti melaporkan bahwa asupan jangka panjang dari kedua jenis teh menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Namun, penurunan tekanan darah lebih signifikan untuk teh hijau.

Tags : Minuman , Darah Tinggi , Kesehatan , Jus Tomat

Foto Terkait