Tumpek Kandang, Ritual Umat Hindu Puja Rere Angon

| Selasa, 23/01/2018 08:54 WIB
Tumpek Kandang, Ritual Umat Hindu Puja Rere Angon Salah satu ritual Tumpek Kandang oleh umat Hindu di Bali (Foto: suaracom)

GIANYAR, RADARBANGSA.COM - Umat Hindu di segala penjuru Indonesia Sabtu 20 Januari 2018 yang lalu menggelar Upacara Tumpek Kandang. Upacara ini dalam rangka memuja keagungan Ida Sang Hyang Widhi, Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, yang digelar setiap Sabtu Kliwon Wuku Uye.

Seperti dilakukan Bali Safari & Marine Park Gianyar Bali yang mengajak seluruh karyawan dan para warga sekitar bersama-sama melakukan ritual sembahyang Tumpek Kandang sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta.

Upacara yang digelar di depan patung Ganesha, Sabtu 20 Januari 2018 lalu ini dipimpin pemangku desa adat sekitar. Beberapa satwa turut juga jadi peserta yakni gajah sumatera, burung macau, burung enggang, orangutan, binturong, kuda poni dan seekor ular sanca albino.

Upacara yang menyedot perhatian banyak wisatawan asing ini jadi momen penting Bali Safari & Marine Park untuk memamerkan satu dari sekian banyak keindahan kebudayaan Hindu di Bali.

General Manager Bali Safari & Marine Park, Thomas Colbert mengatakan bahwa dalam ajaran agama Hindu ada keharmonisan hidup anatara makhluk dan alam.

"Manusia hendaknya selaras dan hidup harmonis dengan alam, termasuk tumbuh-tumbuhan dan satwa. Bali Safari and Marine Park sebagai badan konservasi dan edukasi mendukung penuh hal serupa," ucapnya, Senin 22 Januari 2018.

Upacara tersebut, lanjut Thomas adalah bagian dari ungkapan puji dan sukur kepada Sang Pencipta untuk keselamatan dan kesejahteraan satwa ciptaan Sang Kuasa.

Tags : Tumpek Kandang , Hindu , Bali

Berita Terkait