Tari Kecak Kolosal di Badung Bali Raih Rekor MURI

| Senin, 26/02/2018 22:31 WIB
Tari Kecak Kolosal di Badung Bali Raih Rekor MURI Tari Kecak Kolosal di Kabupaten Badung, Bali raih rekor MURI. (Foto: Agung Bayu)

BADUNG, RADARBANGSA.COM - Tarian Kecak Kolosal yang melibatkan 5.555 orang penari dari siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Badung, Bali, berhasil memecahkan rekor dunia. Kepastian raihan rekor tersebut dinilai langsung oleh Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) di lokasi acara kawasan wisata Pantai Berawa, Tibubeneng, Badung.

"MURI sangat mengapresiasi kegiatan Kecak Kolosal ini. Ini tidak pantas menjadi rekor nasional, tapi pantas untuk menjadi rekor dunia," ujar Manajer MURI, Triyono, seperti dikutip okezone.com, Minggu, 25 Februari 2018 malam.

Jelas Triyono, Tari Kecak Kolosal tersebut bisa ditetapkan menjadi rekor dunia karena Tari Kecak adalah merupakan budaya lokal dan kesenian khas milik Bali yang tidak ada di negara manapun. "Tetap semangat berkarya untuk kekayaan nasional Indonesia," katanya.

Sementara, Kadispar Badung, I Made Badra, menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar sebagai rangkaian "Berawa Beach Art Festival 2018" tersebut, karena Tari Kecak Kolosal tersebut secara langsung telah ikut mengharumkan nama Kabupaten Badung.

"Tentunya kegiatan ini sangat kami apresiasi karena telah berhasil mengukir rekor MURI. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tibubeneng dan para siswa siswi SMA dan SMK se-Badung yang terlibat dalam kegiatan ini," ujarnya.

Dalam pemecahan rekor tersebut, 5.555 penari membentuk formasi di tepi Loloan Yeh Poh, kawasan Pantai Berawa. Mereka mengenakan kain kemben bercorak kotak-kotak hitam putih seperti papan catur, atau yang dikenal dengan `saput poleng` dengan selendang warna merah sebagai pengikat. 

Tags : Tari Kecak , Bali , Rekor MURI

Berita Terkait