Waisak 2018, Cak Imin: Tingkatkan Persaudaraan, Buang Keserakahan

| Selasa, 29/05/2018 11:47 WIB
Waisak 2018, Cak Imin: Tingkatkan Persaudaraan, Buang Keserakahan Dok PKB

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar berharap momentum perayaan Waisak dimanfaatkan umat Buddha menyebarkan cinta kasih dan persaudaraan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengangkis kesulitan-kesulitan.

Pria yang sehari-hari biasa disapa Cak Imin berujar, kebencian dan juga keserakahan harus dibuang jauh-jauh, karena derita sosial kerap muncul akibat dari dua sikap tersebut.

"Kebencian, keserakahan, hidup tanpa memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan akan menimbulkan derita sosial. Di hari Waisak ini mari kita sebar nilai-nilai cinta, persaudaraan, dan solidaritas sosial agar keadilan dan martabat kemanusiaan semakin tegak," kata Cak Imin di laman twitter pribadinya @cakimiNOW, Selasa 29 Mei 2018.

Sementara itu, Wasekjen PKB, Daniel Johan berkata Buddha mengajarkan agar manusia mengatasi keserakahan dan kebencian yang disebutnya sebagai akar derita sosial. Ia juga menyatakan semua umat beragama harus bersatu.

"Sesama umat beragama penting bekerja sama untuk mewujudkan pembebasan sosial ini. Mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan sosial bisa menjadi inti bersatunya kekuatan agama-agama untuk bekerja sama. Dan Buddha mengajarkan untuk mengatasi keserakahan dan kebencian yang menjadi akar dari derita sosial ini," ucapnya.

Legislator asal Kalimantan Barat ini berharap perayaan Waisak di tahun 2018 ini berjalan lancar. Menurut Daniel, perayaan Waisak yang juga bertepatan dengan bulan Ramadan memberi berkah bagi bangsa Indonesia.

"Kita berharap perayaan Waisak tahun ini berjalan dengan lancar, hikmat, dan penuh berkah bagi umat Buddha di seluruh tanah air, apalagi Waisak tahun ini juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah,” ujar Daniel.

“Atas nama DPP PKB kami mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2562/2018 bagi seluruh umat Buddha di seluruh tanah air. Damai Waisak untuk Indonesia," pungkas Daniel.

Tags : Cak Imin , Waisak , PKB , Daniel Johan

Berita Terkait