Cak Imin: Perbanyak Khutbah Cinta Lingkungan Hidup

| Selasa, 05/06/2018 12:20 WIB
Cak Imin: Perbanyak Khutbah Cinta Lingkungan Hidup Cak Imin mengawali gerakan Nusantara Menanam di Banyumas, Jawa Tengah, Minggu 6 Agustus 2017 (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Hari ini Selasa, 5 Juni 3018 diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Maknanya untuk menciptakan kesadaran global tentang masalah lingkungan hidup yang dihadapi dunia atau negara tertentu dan pertama kali diperingati pada 5 Juni 1974.

Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berujar, Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan instrumen penting untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan serta mendorong perhatian dan peran melestarikannya.

“Krisis lingkungan hidup terkait dengan berbagai masalah yang saling mempengaruhi. Tugas kita dituntut berperan penting mengatasi krisis ini,” tulis Cak Imin di laman twitter pribadinya @cakimiNOW, Selasa 5 Juni 2018.

Dimata Cak Imin, hari peringatan ini dipandang sebagai kesempatan bagi semua orang untuk menjadi bagian aksi global dalam menyuarakan proteksi terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan, dan gaya hidup yang ramah lingkungan.

Selain itu, kata Cak Imin, perlu pula merumuskan konsep teologis baru yang berbasis pada tradisi keagamaan masing-masing, juga pada visi-visi berorientasi ekologis tentang Tuhan, bumi dan umat manusia.

“Perbanyak khutbah/ceramah keagamaan tentang lingkungan hidup dan pelestariannya, sebagai bagian perbaikan akhlak/etika manusia,” tegasnya.

Manusia sebagai seorang ‘khalifah di bumi’, lanjut Cak Imin, memiliki tanggungjawab bertindak untuk melindungi bumi, mencintainya, merawatnya, dan melestarikannya untuk masa depan.

“Kita mulai dari kita, dari keluarga kita dalam menjaga bumi. Ajari anak kita sejak kecil bahwa mencintai lingkungan hidup adalah bekal kehidupan mereka di bumi masa depan,” pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Hari Lingkungan Hidup se Dunia

Berita Terkait