Subhanallah, Mbah Moen Memang Ingin Wafat Hari Selasa di Makkah

| Selasa, 06/08/2019 12:44 WIB
 Subhanallah, Mbah Moen Memang Ingin Wafat Hari Selasa di Makkah KH. Maimoen Zubair (foto Twitter)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kabar meninggalnya ulama khatismatik, KH. Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen memantik duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ulama yang dikenal sebagai sosok yang istiqomah dan tawadhu’ ini wafat pada hari Selasa, 6 Agustus 2019 di usia 90 tahun. Mbah Moen merupakan kiai kelahiran 28 Oktober 1928.

Sebelum wafat, Mbah Moen pernah menyampaikan tentang keistimewaan hari Selasa. Hal itu terungkap dalam sebuah video berdurasi 2 menit 45 detik yang diunggah akun Youtube Nibrosuz Zaman pada 31 Agustus 2018.

Berikut redaksi transkrip video yang berjudul “KH Maimoen Zubair : Keistimewaan Hari Selasa Di Pondok Sarang”:

Pada hari ini, hari yang jatuh hari Selasa. Hari Selasa itu, Sarang itu mulai kecil, saya mulai kecil dan menurut riwayat pondok yang insyaallah pada pertama kali 1800an didirikan pondok ini.

Itu kalau hari Selasa itu dibuat hari libur ngaji. Sebab hari Selasa ini hari yang menurut Nenek saya, mulai dari nenek yang keempat, sampai ibu saya ayah saya, itu kalau meninggal itu kok hari selasa.

Ini saya cerita apa sudah mengerti atau belum. Sampai Mbah saya, Kiai Ahmad, itu (berkata) `ora mung neng Sarang tok cung, zaman aku neng Makkah yo Kiai-Kiai mati yo Seloso.`

Sebab apa, sebab Allah menciptakan (dunia) dalam empat hari, fii arba’ati ayyaamin sawaan lissa’iliin, empat hari. Jadi Ahad, Senin, Seloso, Rabu. Sehingga kalau Rabu orang Jawa itu mengatakan hari Rabu Wekasan, sebab rampung bumi diciptakan oleh Allah.

Hari Selasa Allah menciptakan ilmu segala apa yang ada di dunia ini, itu sesudah tahapan pertama dua hari, Ahad Senin, yang disebut fii yaumaini, dua hari. Kemudian Allah melanjutkan, sebelumnya Allah menerangkan ilmu-ilmu apa yang ada di dunia ini pada hari Selasa.

Jadi sampai di Sarang ini diwajibkan hari Selasa itu harus libur, kalau ngaji, kalau sekolahnya enggak usah libur. Jadi kalau saya juga libur kalau Selasa ini.

Tags : Mbah Moen , Sarang , Selasa

Berita Terkait