Lafal Doa Agar Dijauhkan dari Segala Jenis Maksiat

| Jum'at, 30/07/2021 19:13 WIB
Lafal Doa Agar Dijauhkan dari Segala Jenis Maksiat ibadah di Masjid (sumber:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menjalankan pernitah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya adalah kewajiban semua umat Islam. Namun, sebagai manusia kita sering kali dipenuhi dengan kekhilafan dan kesalahan sehingga tidak jarang terjerumus pada sesuatu yang maksiat. Untuk itu kita diberikan amalan yaitu berdoa sebagai bagian dari ikhtiar untuk menjauhi maksiat tersebut.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ التَوْبَةَ وَدَوَامَهَا وَنَعُوْذُ بِكَ مِنَ المَعْصِيَةِ وَأَسْبَابِهَا وَذَكِّرْنَا بِالخَوْفِ مِنْكَ قَبْلَ هُجُومِ خَطَرَاتِهَا، وَاحْمِلْهُ عَلَى النَّجَاةِ مِنْهَا وَمِنْ التَّفَكُّرِ فِي طَرَائِقِهَا وَامْحُ مِنْ قُلُوبِنَا حَلَاوَةَ مَا اجْتَبَيْنَاهُ مِنْهَا، وَاسْتَبْدِلْهَا بِالكَرَاهَةِ لَهَا وَالطَّمَعِ لِمَا هُوَ بِضِدِّهَا 

Allāhumma innā nas’alukat taubata wa dawāmahā, wa na‘ūdzu bika minal ma‘shiyati wa asbābihā, wa dzakkirnā bil khaufi mina qabla hujūmi khatharātihā, wahmilhu alān najāti minhā wa minat tafakkuri fī tharā’iqihā, wamhu min qulūinā halāwata majtabaināhu minhā, wastabdilhā bil karāhati lahā wat thama‘I li mā huwa bi dhiddihā.

Artinya, “Ya Allah, kepada-Mu kami meminta pertobatan dan kelanggengannya. Kepada-Mu, kami berlindung dari maksiat dan sebab-sebabnya. Ingatkan kami agar takut kepada-Mu sebelum datang bahaya maksiat. Bawakan ketakutan itu untuk menyelamatkan kami dari maksiat dan dari pikiran di jalanan maksiat. Hapuskan kelezatan maksiat yang kami pilih dari hati kami. Gantikan kenikmatan itu dengan rasa tidak suka dan keinginan terhadap lawanan maksiat,” (Lihat Perukunan Melayu, ikhtisar dari karya Syekh M Arsyad Banjar, [Jakarta, Al-Aidarus: tanpa tahun], halaman 100).

Doa tersebut insyaallah dapat menjauhkan diri kita dari segala maksiat jika dibaca secara istikamah. Doa di atas diawali dengan permohonan tobat dan istikamah di dalamnya. Juga berisi harapan agar Allah menjauhkan kenikmatan maksiat dari dalma hati. Semoga Allah SWT memberikan manfaat kepada umat-Nya melalui doa ini. Amin Ya Rabbal Alamin.

Tags : Maksiat , Doa , Lafal

Berita Terkait