Meminta Doa Kepada Orang yang Sakit

| Kamis, 16/09/2021 14:34 WIB
Meminta Doa Kepada Orang yang Sakit orang sakit (sumber:halodoc.com)

RADARBANGSA.COM - Rasulullah SAW mengajari umatnya untuk menjenguk orang yang sakit. Bahkan Rasulullah SAW sendiri tak hanya mengunjungi orang muslim saja, beliau kerap mengunjungi non-muslim yang sedang terkena musibah.

اسْتَنْصَحَكَ فَانْصُحْ لَهُ وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللهَ فَشَمِّتْهُ وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

“Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada enam: Jika engkau bertemu dengannya, maka ucapkanlah salam kepadanya, apabila ia mengundangmu penuhilah undangan itu, apabila ia minta nasihat kepadamu maka nasihatilah dia, dan apabila di bersin dan mengucapkan "Al Hamdu lillah", maka ucapkanlah "Yarhamukallah", apabila ia sakit maka jenguklah dan apabila ia mati maka ikutilah (antarkanlah jenazahnya sampai ke kuburnya)". (HR. Muslim).

Sikap Rasulullah SAW harus kita terapkan untuk menjalin silaturahmi dan menumpuk tali persaudaraan sesama manusia. Selain itu banyak manfaat dan hikmah yang bisa dipetik ketika menjenguk orang sakit .

Ketika kita menjenguk orang sakit kita selalu mendoakan mereka agar lekas diberikan kesembuhan. Namun, lupa meminta mereka mendoakan diri kita sendiri. 

Mengutip NU Online, meminta doa orang yang sakit itu sama dengan doa malaikat, sebagaimana yang dijelaskan al-Nawawi dalam kitabnya al-Azkar seraya mengutip hadis dari Umar Ibn Khatab,

عن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا دخلت على مريض فمره فليدع لك، فإن دعاءه كدعاء الملائكة

“Umar bin Khatab berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Bila kamu mengunjungi orang sakit, mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doa mereka sama dengan doa malaikat.” (HR: Ibn Majah, dan lain-lain).

Hadis lain juga menjelaskan doa orang yang sedang menderita adalah makbul. Tidak ada penghalang antara ia dan Allah SWT.

اذا دخلت على مريض فمره فليدع لك فإن دعاءه كدعاء الملائكة

Apabila engkau datang mengunjungi orang sakit, maka mintalah agar dia beroa untukmu, karena do’anya maqbul seperti doa malaikat (Riwayat Ibnu Majah)

Beberapa alasan kenapa orang sakit doanya makbul adalah karena ornag yang sakit biasanya mereka lebih ingat kepada Allah SWt dan sering berzikir kepada-Nya. Seakan-akan lutur dosanya karena seringnya berzikir seperti halnya para malaikat.

 

 

Tags : Doa orang yang Sakit , Sakit

Berita Terkait