Keripik Kulit Ikan Telur Asin, Oleh-Oleh Semarang Kekinian

| Selasa, 10/10/2017 21:42 WIB
Keripik Kulit Ikan Telur Asin, Oleh-Oleh Semarang Kekinian Keripik kulit ikan telur asin.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kota Semarang tidak hanya terkenal dengan oleh-oleh seperti Lumpia. Selain itu, kudapan asli daerah Ibu Kota Jawa Tengah tersebut yang pas dijadikan oleh-oleh terus bermunculan. Salah satunya keripik ikan dengan bumbu saus telur asin.

Dari namanya, keripik kulit ikan telur asin merupakan makanan ringan yang dikreasikan antara kulit ikan dengan saus telur asin. Memang panganan dengan saus telur asin sedang nge-hits di sejumlah daerah, Semarang salah satunya.

Tapi keripik kulit ikan telur asin asli Semarang ini memiliki tekstur dan cita rasa berbeda. Selain rasanya yang supergurih, juga ciri khas saus telur asin yang kental.

Dilansir dari Viva.co.id, panganan ini dibuat oleh Hendriyansyah, warga Perumahan Dinar Asri, Tembalang. Hendri bahkan telah membuat merek sendiri untuk penganan ini dengan nama Nung-Nung Keripik Kulit Ikan Telur Asin.

Hendri menuturkan, ide pembuatan berawal dari usahanya selama ini yang berjualan telur serta saus telur asin. Dirinya kemudian mencoba mengkreasikan keripik ikan karena banyaknya bahan tersebut di kawasan pesisir pantai Semarang.

"Keripik kulit ikan selama ini banyak dijual di warung atau di angkringan. Nah, dari situ saya berpikir untuk mengkreasikan keripik kulit ikan dengan dibalur saus telor asin," kata Hendri.

Inovasi keripik ikan karya Hendri pun beragam. Ia sengaja membuat tiga rasa, yakni Original, Cheesy dan Hot spicy. Ketiga rasa itu dipilih lantaran menjadi favorit.

Hasil olahan keripik Hendri kini menjadi primadona di Semarang. Apalagi kemasan makanan yang dibuat apik dan tahan lama. Harga yang ditawarkan semua rasa keripik ini per bungkus dengan berat 50 kilogram seharga Rp20 ribu.

Tags : Keripik Ikan Telur Asin , Oleh-oleh

Berita Terkait