Lukman Edy Ingatkan Kaum Muda Bentengi Globalisasi dengan 4 Pilar Kebangsaan

| Rabu, 04/10/2017 22:11 WIB
Lukman Edy Ingatkan Kaum Muda Bentengi Globalisasi dengan 4 Pilar Kebangsaan

MALANG, RADARBANGSA.COM - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) MPR RI, Lukman Edy menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia) di Malang, 3 Oktober 2017.

Sosialisasi kali ini terselenggara berkat kerjasama Lukman Edy dengan Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) Malang. ‎Dalam pidato pembukaanya, Lukman mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia, terutama kalangan muda.

Pria yang akrab disapa LE ini mengutarakan, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi ini yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan dalam bingkai kebhinekaan yang sudah terjalin baik selama ini.

"Salah satunya mereka memasukan iklan di otak kita sehingga kita menjadi bangsa yang komsumtif bukan bangsa produktif," ujar LE.‎

Padahal, lanjut LE, apabila bangsa ini memahami dan menanamkan empat pilar kebangsaan dengan baik, maka Indonesia akan menjadi bangsa Produktif. Indonesia menurutnya kaya akan sumberdaya alam dan memiliki bonus demografi.‎

Karena itu, bangsa Indonesia harus mampu memanfaatkan bonus demografi tersebut dengan meningkatkan prestasi serta pengetahuan agar daya saing mereka dapat terwujud secara optimal.

"Indonesia tidak boleh hanya berperan sebagai negara komsumtif. Kalau ini teteap bertahan, saya tidak bisa bayangkan lima puluh tahun lagi Indonesia akan seperti apa," tegasnya.

Guna membentengi hal itu, LE mengajak peserta sosialisasi tersebut untuk memahami dan mengimplementasikan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari hari seperti yang telah dipraktikkan leluhur bangsa sejak dulu.

Untuk diketahui, sosialisasi empat pilar ini dihadir lebih dari 100 peserta yang sebagian besar diantaranya terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Sosialisasi empat pilar ‎bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi tinggi kebangsaan bagi masyarakat, khususnya kaum muda.

Tags : Lukman Edy , Sosialisasi 4 Pilar , MPR RI

Berita Terkait