HUT Kabupaten Serang ke-491, Mahasiswa Minta Selesaikan Permasalahan Sosial

| Selasa, 10/10/2017 21:08 WIB
HUT Kabupaten Serang ke-491, Mahasiswa Minta Selesaikan Permasalahan Sosial Mahasiswa melakukan aksi didepan gedung Puspemkab Serang, Selasa (10/10).

SERANG, RADARBANGSA.COM - Sejumlah Organisasi Mahasiswa Serang melakukan aksi di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang, Selasa, 10 Oktober 2017. Mahasiswa yang ikut dalam aksi tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Serang Utara (Gamsut) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) UIN Banten.

Kabupaten Serang tepat hari ini merayakan HUT ke-491. Memanfaatkan momen tersebut, mahasiswa menyuarakan aspirasinya di depan kantor Puspemkab Serang. Di usia Kabupaten Serang yang hampir lima abad itu, masih banyak permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.

Menurut Ketua Gamsut Nurkholis Majid, permasalahan tersebut ada di semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, infraktruktur yang tidak merata dan sosial budaya.

"Serang utara misalnya, mengalami keterlambatan pembangunan. Ada 25 gedung sekolah rusak. Sedangkan di Kabupaten Serang terdapat 1.632 gedung sekolah rusak," tegasnya.

Kemiskinan dan pengangguraan juga masih jadi masalah terbesar yang belum bisa dientaskan, terbukti dengan jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) masih banyak di wilayah Serang Utara. Kemudian hal ini diperparah dengan keadaan jalan rusak parah dan minim penerangan.

Nurkholis menyatakan, mahasiswa menuntut agar menyegerakan percepatan pembangunan infrastruktur jalan Serang Utara sesuai Perda Kabupaten Serang No 3 Tahun 2017. Mahasiswa juga menuntut pemerintah agar bekerja maksimal sesuai dengan jargon "serang gawe" dan pro rakyat. Selain itu, Pemkab juga memaksimalkan pelayanan kesehatan serta mencabut izin perusahaan yang membuang limbah di Sungai Ciujung. (Yanuar)

Tags : HUT Kabupaten Serang 491 , Mahasiswa

Berita Terkait