Aksi Bela Palestina Didukung PBNU

| Minggu, 17/12/2017 08:21 WIB
Aksi Bela Palestina Didukung PBNU Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siradj ketika menyampaikan pidato dalam pembukaan Munas-Konbes NU di Islamic Center, Mataram, NTB. (Foto: NU Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Aksi Bela Palestina yang digelar hari ini, Minggu 17 Desember 2017, di kawasan Monumen Nasional mendapat dukungan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj berujar, aksi tersebut digelar menyusul keluarnya keputusan sepihak Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

"Saya dukung. Saya katakan kita punya utang budi pada Palestina," kata Kiai Said di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Sabtu 16 Desember 2017.

Kiai Said menjelaskan, utang budi Indonesia kepada Palestina tersebut lantaran negara itu adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Setelah pengakuan Palestina, disusul kemudian Mesir dan Arab Saudi turut serta mengakui Indonesia merdeka.

Karena itu, Kiai Said menegaskan sikap PBNU tegas menolak keputusan sepihak Presiden Trump. Bahkan pada Jumat 8 Desember lalu, ia telah terlebih dahulu melakukan aksi penolakan.

"Kan pertama kali turun NU, pertama kali lho, pertama kali anak-anak Banser, Anshor, nanti kita turun lagi (Aksi Bela Palestina)," kata Kiai Said.

Kendati demikian, Kiai Said berpesan agar aksi membela kemerdekaan Palestina yang dikabarkan menjadi aksi terbesar se jagad dilakukan dengan ahlak baik dan tidak terjadi keributan.

Tags : Bela Palestina , PBNU

Berita Terkait