Akhir Tahun, Wisata Religi Jadi Pilihan Ansor Modo

| Rabu, 27/12/2017 13:27 WIB
Akhir Tahun, Wisata Religi Jadi Pilihan Ansor Modo PAC Ansor Modo, Lamongan isi liburan dengan berziarah ke makam para wali (foto: Ist)

LAMONGAN, RADARBANGSA.COM - Berbeda dengan anak zaman now pada umumnya yang mengisi liburan ahir tahun ke tempat-tempas wisata alam dan pantai. Anak muda Nahdliyin yang ada di banom NU (Badan Otonom Nahdlatul Ulama) GP Anshor Kecamatan Modo, Lamongan, Jawa Timur memilih untuk berwisata religi di ahir tahun dengan berziarah ke makam ulama-ulama di pulau Jawa.

"Akhir tahun ini kita lebih memilih liburan yang tidak pada umumnya, yakni dengan ziarah ke waliyullah," kata Abid, Rabu 27 Desember 2017.

Menurut Abid, ziarah kubur sudah menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan dalam pengamalannya. Kebiasaan ziarah ini mengunjungi makam wali, kyai, orang tua, sanak saudara dan para pejuang bangsa ini. Kegiatan ini biasanya di isi dengan membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an atau biasa Kita sebut membaca tahlil & yasin. 

Maka dari itu, Lanjutnya, Pengurus Anak Cabang (PAC) ANSOR Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, mengadakan kegiatan wisata religi dalam mengisi liburan natal dan tahun baru. Kegiatan tersebut dimaksud untuk mempertahan tradisi nahdliyin, sesuai dari amalan yang dianjurkan oleh para ulama-ulama terdahulu. Sehingga kegiatan tersebut sangat perlu direalisasikan demi mempertahanklan budaya dan menjaga tradisi untuk mengenang perjuangan para wali.

Disamping itu, Abid menuturkan, rute yang akan diambil dalam ziarah ini, dimulai dari Parang Tritis sebagai start awalnya, kemudian langsung menuju ke wisata religinya ke para Wali dari Jawa Tengah, yaitu Sunan Kalijaga dan Sunan Muria serta berkeliling ke Kota Demak. Akhir dari rute wisata religi di Sunan Bonang yang berada di Tuban.

“Kegiatan ini sendiri bagian dari realisasi permohonan Sahabat ANSOR Modo pada saat reses, sekaligus jalinan sillatuirrahmi Pak Suparta dan Sahabat ANSOR,” tutur Abid.

Tags : Ansor , Mojo , Ziarah , Liburan

Berita Terkait