LPWP Jepara Memprihatinkan, Karding Dorong Revitalisasi

| Jum'at, 23/02/2018 18:01 WIB
LPWP Jepara Memprihatinkan, Karding Dorong Revitalisasi Ketua Umum Kerapu Undip, Abdul Kadir Karding disela pertemuan dengan jajaran dekanat Perikanan Undip dan Pengelola LPWP Jepara di Semarang (dok @Kadir_Karding)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu), Abdul Kadir Karding mendorong revitalisasi Lembaga Pengembangan Wilayah Pantai (LPWP) di Pantai Jepara. Menurut Karding, perlu strategi yang konprehensif terkait pengembangan masyarakat pantai yang kini masih belum juga optimal.

“Kerapu mendorong proses revitalisasi dan pengelolaan yang lebih baik di LPWP. Karena kondisi LPWP saat ini cukup memperihatinkan,” kata Karding dalam sebuah pertemuan dengan jajaran Dekanat Fakultas Perikanan dan Kelautan Undip dan pengelola LPWP, Jumat 23 Februari 2018.

Menurut Karding, strategi pengembangan masyarakat pantai dapat dilakukan melalui pendekatan struktural dan non struktural. Pendekatan struktural adalah pendekatan makro yang menekankan pada penataan sistem dan struktur sosial politik.

Pendekatan ini mengutamakan peranan instansi yang berwenang atau organisasi yang dibentuk untuk pengelolaan pesisir laut. Dalam hal ini LPWP dapat mengoptimalisasi peranan masyarakat dengan mekanisme yang lebih tertata.

Dilain pihak pendekatan non struktural juga tak kalah penting. Karding menjelaskan, pendekatan ini mengutamakan pemberdayaan masyarakat secara mental dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota masyarakat untuk ikut serta dalam pengelolaan dan persoalan pesisir laut.

“Kedua pendekatan ini harus saling melengkapi dan dilaksanakan secara integratif. Agar LPWP bisa difungsikan kembali secara optimal dan terawat dengan baik,” tegas Karding.

Karding menegaskan, LPWP memiliki peran yang cukup potensial dalam mengelola laut dan pesisir dengan segala bentuk kehidupan serta keanekaragamannya dengan melandaskan pada prinsip-prinsip peningkatan kapasitas masyarakat lokal.

Jika hal ini mampu dilakukan dengan komitmen yang kuat, lanjut Karding, bukan tidak mungkin LPWP dapat menjadi pusat penelitian sekaligus pusat pengembangan ekonomi kelautan bagi masyarakat sekitar.

“LPWP ini potensial untuk pusat penelitian dan pengembangan ekonomi juga bagus,” pungkas alumnus Perikanan Undip 1997 ini.

Selain Karding, hadir dalam pertemuan itu Pembantu Dekan IV Perikanan Undip, Suradi, Ketua Dewan Pakar Kerapu, Abdul Wahid dan Sekretaris Umum Kerapu, Sakina Rosellasari, serta jajaran pengelola LPWP.

Tags : Abdul Kadir Karding , Kerapu , Undip

Berita Terkait