Pemuda-Mahasiswa se Cilacap Curhat Berbagai Isu kepada Cak Imin

| Kamis, 15/03/2018 13:05 WIB
Pemuda-Mahasiswa se Cilacap Curhat Berbagai Isu kepada Cak Imin Cak Imin mendengarkan aspirasi mahasiswa dan pemuda dari berbagai organisasi di Cilacap (dok PKB)

CILACAP, RADARBANGSA.COM - Sebagai agen perubahan, mahasiswa bertindak bukan ibarat pahlawan yang datang ke sebuah negeri lalu dengan gagahnya mengusir penjahat-penjahat dan dengan gagah pula sang pahlawan pergi dari daerah tersebut diiringi tepuk tangan penduduk setempat.

Peran mereka sebagai kaum muda terdidik tentu sangat penting di tengah ragam persoalan yang dialami masyarakat. Sikap kritis mahasiswa sering membuat sebuah perubahan besar dan gerakan pembelaan bagi masyarakat.

Inilah yang melatarbelakangi tokoh nasional, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin melakukan diskusi dan serap aspirasi bersama mahasiswa dari perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa dan organisasi mahasiswa ekstra kampus se Cilacap.

Acara yang bertajuk Ngobrol Pintar (Ngopi); Mahasiswa Bicara, Cak Imin mendengar itu sangat antusias diikuti oleh mereka.

Mahasiswa-mahasiswa ini datang dari dari sejumlah organisasi seperti PMII, HMI, PMKRI, IMM, dari sejumlah kampus di Cilacap, diantaranya STAIS, IAIIG, UNUGA, dan STIKIP, termasuk pula Forum Pemuda Lintas Iman dan Orang Muda Katholik Cilacap.

Dengan leluasa, mereka menuturkan sejumlah persoalan yang saat ini terjadi di Cilacap. Salah satunya fenomena ancaman intoleransi di Cilacap.

Perwakilan Orang Muda Katholik Cilacap memiliki harapan besar kepada Cak Imin untuk turut serta menyelesaikan fenomena tersebut. Tak lain karena Cak Imin selama ini dikenal sebagai tokoh moderat yang mampu memberikn solusi ditengah ancaman intoleransi di Indonesia.

Lain lagi dengan yang disampaikan oleh perwakilan Kopri PMII Cilacap. Mereka berharap Cak Imin turut serta mengkampanyekan strategi penggulangan HIV Aids di Cilacap yang belakangan ini terus meningkat.

Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Cilacap memang mengalami peningkatan dan cukup mengkhawatirkan. Dari data yang tercatat di Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, jumlah kumulatif dari tahun 2007 hingga bulan Maret 2016 sebanyak 754 kasus.

Sementara itu, Perwakilan Pemuda Lintas Iman Cilacap mendorong Cak Imin untuk turut pula berpartisipasi secara aktis dalam mengkampanyekan toleransi di kalangan pemuda.

Tags : Cak Imin , PMII , HMI , PMKRI

Berita Terkait