Di Surabaya, Menpora Ziarah ke Makam WR Soepratman

| Senin, 02/04/2018 17:45 WIB
Di Surabaya, Menpora Ziarah ke Makam WR Soepratman Menpora RI Imam Nahrawi berdoa saat ziarah ke makam Pahlawan WR Soepratman, Sabtu (31/3). (Foto: twitter @imam_nahrawi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ziarah ke makam pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, di Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 31 Maret 2018 pagi. Seluruh rakyat Indonesia pasti kenal dengan Wage Rudolf Soepratman, tokoh nasional yang dengan biolanya menciptakan lagu "Indonesia Raya".

WR Soepratman lahir di Jatinegara, 9 Maret 1903. Sebagai anak muda yang memiliki mobilitas tinggi, pada tahun 1924 berada di Bandung yamg saat itu beliau baru berusia 21 tahun.

Disitulah lahir gubahan fenomenal lagu Indonesia Raya. Pada bulan Oktober 1928 di Jakarta dilangsungkan Kongres Pemuda II. Kongres itu melahirkan Sumpah Pemuda. Pada malam penutupan kongres, tanggal 28 Oktober 1928, Soepratman secara monumental memperdengarkan lagu ciptaannya secara instrumental di depan peserta umum. Pada saat itulah untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya dikumandangkan di depan umum. Semua yang hadir terpukau mendengarnya.

Sesudah Indonesia merdeka hingga kini dan selamanya, lagu Indonesia Raya dijadikan lagu kebangsaan, lambang persatuan bangsa, sebuah identitas nasional yang sangat membanggakan. Tetapi, pencipta lagu itu, Wage Roedolf Soepratman, tidak sempat menikmati hidup dalam suasana kemerdekaan dan tidak mengetahui bahwa lagunya dijadikan lagu kebangsaan karena beliau meninggal sebelum kemerdekaan, 17 Agustus 1938.

"Pagi ini saya berada di komplek pemakaman WR Soepratman, seluruh anak muda Indonesia harus berkunjung ke tempat ini, berziarah dan kirim Al Fatihah karena beliau pencipta lagu Indonesia Raya yang saat ini mempersatukan kita semua sebagai bangsa Indonesia," ucap Menpora seperti dikutip dari laman Kemenpora RI, Senin, 2 April 2018.

"Anak-anak muda Indonesia harus segera berkunjung kesini," ajak Menpora usai ziarah.

Tags : Menpora RI , WR Soepratman , Lagu Indonesia Raya

Berita Terkait