Jelang Pilkada Serentak, Polda Lampung Siaga Terorisme

| Senin, 25/06/2018 18:26 WIB
Jelang Pilkada Serentak, Polda Lampung Siaga Terorisme Ilustrasi by radarbangsa

LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - Polda Provinsi Lampung bersiap diri mengantisipasi aksi terorisme di Lampung jelang Pilkada serentak, 27 Juni mendatang. Terlebih, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), ada sebanyak 101 simpatisan ISIS yang tinggal di Lampung dan tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana menyebut telah berkoordinasi bersama Densus 88 dan sudah mengamankan tujuh orang terduga teroris. Satu di antaranya, dipulangkan karena tidak terbukti masuk dalam jaringan terorisme.

“Kalau di Lampung kami sudah amankan tujuh orang, satu kami pulangkan. Data dari BNPT itu (101 orang) bisa saja berkurang, dan itu adalah langkah kami dalam bergerak. Yang jelas kami tetap awasi dan siap amankan,” katanya di Mapolda Lampung, Minggu 24 Juni 2018.

Sebelumnya, pada 22 Juni 2018 pada pukul 10.30 WIB telah dilakukan pengamanan terduga teroris atas nama Misgianto, pimpinan Ponpes al-Mubarok di Desa Karang Anyar, Kecamatan Jati Agung. Selanjutnya terduga teroris Misgiato di bawa ke Polda Lampung.

Dalam pengamanan Misgianto yang diduga anggota Jemaah Ansharut Daulah (JAD) itu, ditemukan sejumlah barang bukti seperti senapan angin, pedang samurai, dan buku-buku jihad. Irjen Pol Suntana mengatakan, saat ini terduga sedang dalam proses pemeriksaan secara intensif.

“Kabar itu benar, dan sekarang sedang kami periksa. Untuk kemudian menentukan statusnya seperti apa. Bisa jadi dia bebas atau jadi tersangka. Namun yang pasti masih kami dalami,” ujarnya.

Terkait terduga teroris yang kerap diamankan dari Ponpes, Kapolda sangat menyanyangkan hal tersebut. Ia menegaskan, tindak pidana terorisme dan radikalisme yang kerap ditemukan di Ponpes bukan menjadi patokan terhadap perkembangan paham tersebut.

Tags : Pilkada , Lampung , Terorisme