Anggota Fraksi PKB DPR RI Dorong KPPU Menggalakkan Sosialisasi

| Selasa, 10/07/2018 17:50 WIB
Anggota Fraksi PKB DPR RI Dorong KPPU Menggalakkan Sosialisasi Anggota DPR RI Fraksi PKB Siti Mukaromah saat mengunjungi pelaku usaha di Kendari, Sultra. doc. Istimewa

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Anggota Fraksi Partai Kabangkitan Bangsa (F PKB) DPR RI Siti Mukaromah meninali bahwa Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) perlu menggalakkan sosialisasi dan pendekatan yang baik kepada masyarakat, agar KPPU bisa dimengerti peran dan fungsinya.

Anggota Komisi VI DPR RI tersebut, mengatakan KPPU sering ditafsirkan sebagai Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini membuktikan lembaga sekelas KPPU yang punya andil besar terhadap pengawasan persaingan usahan belum populer di masyarakat.

“Banyak masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil menengah yang banyak belum tahu KPPU, sehingga mereka salah mengartikan KPPU menjadi KPU. Ini yang sangat disayangkan,” kata Siti Mukaromah saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPPU di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 09 Juli 2018.

Selain itu, Siti Mukaromah berharap KPPU menjadi motor utama untuk menjalankan roda perekonomian dan menciptakan kesejahteraan pada masyarakat. Untuk mencapai itu semua, KPPU harus memprioritaskan pengetahuan kepada masyarakat.

Dalam penjelasan politisi PKB tersebut, KPPU juga harus menggandeng perguruan tinggi dan melibatkan mahasiswa untuk ikut berpartisipasi memjelaskan kepada masyarakat apa peran dan fungsi KPPU.  

 “Selain melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil menengah, KPPU juga harus mampu melakukan sosialisasi kepada mahasiswa. Karena mahasiswa merupakan pelajar yang aktif. Sehingga mereka bisa ikut memberikan informasi mengenai KPPU kepada masyarakat,” uangkapnya.

Jika masyarakat sudah mengetahui peran dan fungsi KPPU, Siti Mukaromah meminta masyarakat diberikan program edukasi, agar pelaku usaha kecil menengah mengeri hak dan kewajibannya sebagai pelaku usaha.  

“Edukasi untuk pelaku UKM merupakan hal penting agar mereka mengerti dan memahami hak-haknya, sehingga itu harus ada. Kami sebagai bagian dari yang menyuarakan pendapat sebagaian masyarakat kecil, tentu berharap ini yang harus menjadi prioritas. Karena sebagian masyarakat Indonesia merupakan pelaku usaha kecil menengah,” pungkasnya

Tags : Fraksi PKB , DPR RI , Pelaku Usaha

Berita Terkait