Ajak Mahasiswa Cegah Radikalisme di Kampus, BNPT: Laporkan Jika Ada!

| Kamis, 06/09/2018 17:07 WIB
Ajak Mahasiswa Cegah Radikalisme di Kampus, BNPT: Laporkan Jika Ada! Logo BNPT. (Foto: beritasatucom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak kalangan mahasiswa untuk ikut aktif mencegah meluasnya radikalisme di lingkungan Kampus. Pencegahan tersebut sangat penting untuk menjaga kondisi Kampus agar tidak dimasuki paham radikal.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Asep Adang Supriyadi juga mengimbau mahasiswa agar tidak takut melaporkan kepada dosen dan pihak Kampus jika menemukan indikasi masuknya paham radikal di lingkungan Kampus. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber di Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), Jakarta, Kamis, 6 September 2018 yang diikuti oleh 450 mahasiswa baru.

"Kalau di lingkungan kampus ada gejala-gejala radikalisme tolong jangan takut untuk melaporkan kepada dosen, rektor atau pihak kampus lainnya," ujar Asep Adang.

Dia juga menyampaikan langkah-langkah pencegahan pada mahasiswa yakni dengan tidak terlibat dalam kelompok-kelompok radikal. Sekaligus mewaspadai, mengidentifikasi dan melaporkan bila menemukan indikasi penyebaran paham radikal di lingkungan kampus.

Asep juga mengimbau pihak kampus melaporkan kepada BNPT bila mendapat laporan atau menemukan indikasi radikalisme di kampusnya sehingga BNPT bisa melakukan upaya pencegahan agar tidak berkembang lebih lanjut.

Dihadapan mahasiswa, Asep juga memaparkan tahapan-tahapan radikalisme yang diawali dengan sikap intoleran hingga individu atau kelompok tersebut menjadi jihadis. Selain itu, dia juga menjelaskan mengenai pengelompokan terorisme yang terdiri atas kelompok inti, militan, simpatisan dan pendukung. 

Tags : BNPT , Paham Radikalisme , Mahasiswa

Berita Terkait